Cara Gampang Membuat Bolu pisang kukus yang Sempurna

Ola Cole   01/10/2020 06:21

Bolu pisang kukus
Bolu pisang kukus

Sedang mencari inspirasi resep bolu pisang kukus yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu pisang kukus yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu pisang kukus, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan bolu pisang kukus enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Sangat mudah simpel, tanpa mixer dan tanpa oven. Langsung saja simak resep lengkapnya berikut. Pertama, lumatkan pisang dengan menggunakan garpu.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan bolu pisang kukus sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bolu pisang kukus menggunakan 10 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Bolu pisang kukus:
  1. Sediakan 1 buah pisang tanduk matang
  2. Ambil 2 bauh telur
  3. Sediakan 5 sdm gula pasir
  4. Ambil 1/2 sdt ovalet /sp
  5. Sediakan 8 sdm tepung terigu
  6. Ambil 1 sdt backing powder
  7. Siapkan 1 sdt pasta vanila
  8. Siapkan 6 sdm minyak goreng
  9. Sediakan 1/2 sdt baking soda
  10. Gunakan Sedikit margarin untuk olesan loyang

Resep membuat bolu pisang kukus juga sangat mudah dikreasikan di rumah. Anda bisa menggunakan pisang Ambon untuk mendapatkan rasa bolu kukus yang legit. Sajian bolu pisang kukus akan tentunya cocok disajikan sebagai camilan atau jamuan hidangan untuk disajikan dirumah. Rasa manis dari hidangan ini dan empuknya tekstur dari kue, akan tentu saja.

Langkah-langkah membuat Bolu pisang kukus:
  1. Hancurkan pisang menggunakan garpuh kemudian sisihkan
  2. Masukan telur, sp dan gula pasir. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi, hingga kaku dan mengembang, saya 10 menit yah bun…😊 kemudian sisihkan
  3. Panaskan kukusan menggunakan api sedang, hingga menguarkan uap. Sambil menunggu lanjut langkah 4
  4. Masukan tepung terigu dan baking powder pada adonan telur jgn lupa di saring. Aduk menggunakan spatula hingga tercampur rata tidak ada terigu yg menggumpal
  5. Setelah tercampur rata, masukan pisang yang sudah dihancurkan, aduk. Lalu masukan pasta vanili dan baking soda, aduk. Masukan minyak goreng. Aduk semua hingga tidak ada minyak yang masih terpisah.
  6. Masukan kedalam loyang. Yang sudah diolesi dengan margarin dan taburan terigu yah bun, biar tidak menempel.
  7. Kukus menggunakan api besar selama 30 menit. Tutup kukusan lapisi dengan serbet atau kain yah bun. Biar uap air tidak menetes kedalam adonan
  8. Tes tusuk setelah 30 menit. Jika tidak ada adonan yg menempel berarti sudah matang.
  9. Siap disajikan

Jika sudah matang, angkat bolu lalu taburi gula halus diatasnya, dan potong sesuai selera. Resep bolu pisang dan bagaimana cara membuat bolu pisang dengan mudah. Bolu pisang biasanya disajikan untuk camilan yang dinikmati bareng keluarga. Kue bolu pisang (banana cake) adalah jenis kue sehat yang telah dikenal, dan disukai oleh banyak orang. Kue Bolu kukus merupakan salah satu jenis kue yang paling banyak dibuat dan dikenal oleh masyarakat karena bahan dan cara pembuatannya yang mudah dan praktis.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan bolu pisang kukus yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved