Bagaimana Membuat Opor ayam kampung empuk, Lezat Sekali

Gary Fisher   01/12/2020 02:00

Opor ayam kampung empuk
Opor ayam kampung empuk

Anda sedang mencari ide resep opor ayam kampung empuk yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam kampung empuk yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Opor Ayam Kampung Kuning. ayam potong potong cuci bersih, daun jeruk, daun salam, serai simpulkan, lengkuas geprek, air, santan kental saya pakai Opor Ayam ala Kampung. Saat pulang kampung, biasanya dimasakin ini sama ibu, bumbunya sederhana tapi dibuat dengan cinta 😍😍. Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam kampung empuk, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan opor ayam kampung empuk yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat opor ayam kampung empuk yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Opor ayam kampung empuk memakai 18 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Opor ayam kampung empuk:
  1. Ambil 1 ekor ayam kampung(tanpa kepala,ceker dan hati ayam)
  2. Ambil 1 sachet santan kara
  3. Ambil 2 batang serai(memarkan)
  4. Sediakan 3 lembar daun salam
  5. Gunakan 2 lembar daun jeruk purut
  6. Ambil Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  7. Gunakan 2 ruas Lengkuas memarkan
  8. Sediakan secukupnya Air
  9. Siapkan Bumbu halus:
  10. Siapkan 8 siung bawang merah
  11. Gunakan 4 siung bawang putih
  12. Ambil 2 buah kemiri
  13. Gunakan 1 ruas jahe merah
  14. Ambil 1/4 sdt jinten
  15. Sediakan 1/2 sdt ketumbar bubuk
  16. Gunakan 1/4 sdt merica bubuk
  17. Siapkan Secukupnya garam
  18. Sediakan Secukupnya gula(saya tidak pakai)

Opor ayam kampung sepertinya sudah menjadi menu yang wajib disajikan saat hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha. Masukkan santan encer, masak terus di atas api sedang hingga mendidih dan ayam empuk. Tambahkan santan kental, aduk sesekali sampai mendidih. Sehingga kita harus tahu bagaimana cara memasak ayam kampung agar dagingnya lunak dan enak saat dimakan.

Cara membuat Opor ayam kampung empuk:
  1. Cuci ayam sampai bersih lalu rebus ayam di magiccom dg ditambahkan air bersih s/d 1 liter,rebus sampai empuk..
  2. Haluskan bumbu,setelah ayam empuk lalu tumis dengan minyak secukupnya semua bumbu halus dan bumbu lainnya..
  3. Setelah bumbu harum masukkan ayam yg sudah empuk beserta air rebusan ayam tsb sampai mendidih lalu tambahkan 1 sachet santan kara tunggu bbrpa saat sampai bumbu meresap dan koreksi rasa..

Tapi jangan berkecil hati, simak cara membuat daging ayam kampung tidak alot berikut ini. Cara Membuat Opor Ayam kampung supaya dagingnya enak dimakan dan empuk Opor ayam kampung. Cara Membuat Opor Ayam Kampung: Potong-potong lebih dulu ayam kampung. Kalau ingin daging ayamnya lebih empuk, kamu bisa merebusnya lagi selama kurang lebih enam jam. Resep Opor ayam kampung yg enak dan empuk ,tradisi hari lebaran ,banyak yg masak opor ayam dpecial saat idul fitri.by Resep opor ayam kuning ini disarankan untuk menggunakan ayam kampung, meskipun ayam potong juga tidak masalah, namun jika dengan ayam Setelah daging ayam empuk masukkan garam dan gula pasir.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Opor ayam kampung empuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved