Resep Opor Ayam Kampung Lebaran, Lezat

Nellie Wood   05/07/2020 18:08

Opor Ayam Kampung Lebaran
Opor Ayam Kampung Lebaran

Sedang mencari ide resep opor ayam kampung lebaran yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam kampung lebaran yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam kampung lebaran, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan opor ayam kampung lebaran yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Cara buat opor ayam spesial lebaran yang enak. sobat dapur. Semoga sehat selalu ya🤗 memang sih lebaran masih lama😁tapi mumpung ada stok ayam kampung dikulkas jadi aku. Opor Ayam Kuning Lebaran enggak lengkap rasanya tanpa Opor Ayam Kuning ini.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan opor ayam kampung lebaran sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Opor Ayam Kampung Lebaran menggunakan 20 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Opor Ayam Kampung Lebaran:
  1. Sediakan 1/2 ekor ayam kampung rebus pisahkan airnya
  2. Siapkan 1/2 batang sereh (geprek)
  3. Sediakan 1/2 sdt jinten hitam
  4. Siapkan 4 lbr daun jeruk
  5. Ambil 2 lbr daun salam
  6. Ambil 2 cm lengkuas (geprek)
  7. Sediakan secukupnya Lada Bubuk
  8. Gunakan secukupnya Garam
  9. Gunakan secukupnya Gula merah
  10. Siapkan secukupnya Santan instant
  11. Ambil Bawang goreng untuk taburan
  12. Ambil Bumbu Halus
  13. Ambil 8 siung bawang merah
  14. Sediakan 5 siung bawang putih
  15. Gunakan 2 cm jahe (sangrai)
  16. Gunakan 2 cm kunyit (sangrai)
  17. Gunakan 4 butir kemiri (sangrai)
  18. Siapkan 1/2 sdt ketumbar (sangrai)
  19. Sediakan 1 butir pala
  20. Ambil secukupnya Garam

Adapun bahan yang digunakan seperti opor kebanyakan yakni kunyit, santan, ayam dan lain sebagainya. Umroh.com - Resep opor ayam lebaran ini bisa membantumu menyajikan opor dalam suasana lebaran. Kuah opor yang gurih dan aromanya yang menggugah selera biasanya disajikan bersama ketupat. Makanan khas Indonesia ini ternyata punya beberapa varian lho!

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam Kampung Lebaran:
  1. Rebus ayam kampung sampai keluar kaldunya, angkat dan pisahkan air kaldunya
  2. Sangrai terlebih dahulu jahe, kunyit, ketumbar, kemiri, pala
  3. Haluskan bumbu halus beserta bahan yg disangrai tadi, boleh diblender atau diulek
  4. Masukkan seluruh bumbu halus ke dalam panci/penggorengan.. tumis dengan minyak sampai harum dan berubah warna, beserta sereh yg sudah digeprek, daun salam dan daun jeruk.. tumis/sangrai sampai harum
  5. Tuang kaldu ayam yg sudah dipisahkan tadi ke dalam bumbu.. masak hingga mendidih, tuangkan santan instant secukupnya, kemudian beri garam dan gula merah, jinten hitam, lada bubuk
  6. Tambahkan ayam yg sudah direbus tadi ke dalam bumbu, masak hingga santan terlihat mengental, sambil terus diaduk perlahan selama kurang lebih 20 menit
  7. Angkat dan masukkan dalam mangkuk kaca, taburkan bawang goreng di atasnya. SELAMAT MENIKMATI

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun belum tahu caranya pengolahannya, berikut ini brilio.net himpun dari berbagai sumber pada. Berikut adalah resep opor spesial untuk lebaran yang paling enak. rasanya tidak lengkap jika lebaran tidak ada menu ini, yuk simak cara membuatnya. Opor ayam adalah masakan yang diolah dengan bahan dasar daging ayam, santan, dan berbagai bumbu seperti kencur, serai, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, opor ayam biasanya disajikan pada saat Lebaran.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Opor Ayam Kampung Lebaran yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved