Cara Gampang Menyiapkan Opor ayam kampung no santan yang Lezat Sekali

Teresa Simon   13/10/2020 17:47

Opor ayam kampung no santan
Opor ayam kampung no santan

Sedang mencari ide resep opor ayam kampung no santan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam kampung no santan yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam kampung no santan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan opor ayam kampung no santan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Opor ayam kampung spesial bumbunya pas rasanya sedap. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Opor ayam ialah hidangan ayam berkuah santan, dan biasanya dinikmati bersama lontong atau ketupat.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat opor ayam kampung no santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Opor ayam kampung no santan memakai 20 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Opor ayam kampung no santan:
  1. Gunakan 1 ekor ayam kampung saya pakai ayam muda supaya cepat lembut
  2. Gunakan 3 lembar Daun salam
  3. Gunakan 3 lembar Daun jeruk
  4. Ambil 2 batang Sereh
  5. Ambil 2 cm Laos
  6. Sediakan 4 cm Kayu manis
  7. Siapkan 1/2 klg susu evaporasi
  8. Ambil secukupnya Bawang merah goreng
  9. Sediakan Bumbu yg dihaluskan
  10. Ambil 10 butir Bawang merah
  11. Ambil 4 siung bawang putih
  12. Gunakan 2 cm jahe
  13. Sediakan 1 sdt ketumbar
  14. Ambil 3 butir kemiri
  15. Gunakan 1 cm kunyit
  16. Gunakan 1 sdt jintan
  17. Sediakan 1 sdt merica
  18. Siapkan secukupnya Garam
  19. Sediakan secukupnya Kaldu jamur
  20. Sediakan Minyak secukupnya untuk menumis bumbu

Langsung saja yuk coba ikuti langkah-langkah pembuatannya berikut ini. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Kuah opor yang terbuat dari campuran santan membuatnya terasa gurih dan lezat.

Langkah-langkah menyiapkan Opor ayam kampung no santan:
  1. Ayam dicuci bersih dan potong sesuai selera kita
  2. Panaskan kuali dan masukan minyak secukupnya. Bila minyak sudah panas masukan bumbu yang sudah kita haluskan tadi. Tumis bumbu hingga mengeluarkan aroma wangi
  3. Masukan potongan ayam yang sudah kita cuci bersih ke dalam bumbu yang sedang kita tumis. Aduh aduk ayam tersebut setelah warna daging ayam berubah sedikit keputihan masukan air secukupnya
  4. Air yang kita masukan jangan terlalu banyak secukupnya saja untuk merendam permukaan ayam gunakan api yang sedang supaya kuah tidak cepat kering
  5. Setelah ayam dirasa lembut masukan garam dan kaldu jamur dan susu. didihkan sebentar saja. Matikan kompor. Jangan lupa test rasanya ya. Dan terakhir jangan lupa taburi bawang goreng. Taraa… opor endul kita sudah siap😋

Menu ayam opor sudah menjadi tradisi tersendiri untuk disajikan saat Lebaran. Dari beragam masakan Lebaran yang serba santan dan daging, pastinya ada dong satu saja yang bisa kita modifikasi agar lebih sehat. Nah sekaligus meneruskan pola hidup sehat selama Ramadhan, bagaimana kalau aku. Opor ayam merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam dan santan, yaitu ayam rebus yang dimasak dengan menggunakan bumbu kental Merdeka.com - opor ayam adalah jenis masakan yang sudah sangat terkenal di bumi nusantara ini. Asal usul masakan opor ayam ini diklaim berasal.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan opor ayam kampung no santan yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved