Resep Opor Ayam Kampung yang Enak Banget

Philip Dean   15/10/2020 20:04

Opor Ayam Kampung
Opor Ayam Kampung

Lagi mencari ide resep opor ayam kampung yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam kampung yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Opor ayam kampung. ayam potong sesuai selera, serai geprek, kunyit haluskan, jahe haluskan, garam, bawang putih haluskan, bawang merah haluskan, laos haluskan. Opor ayam ialah hidangan ayam berkuah santan, dan biasanya dinikmati bersama lontong atau Ayam kampung memang sekilas mirip ayam jantan. Ayam kampung asli biasanya memiliki badan.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam kampung, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan opor ayam kampung enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah opor ayam kampung yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Opor Ayam Kampung menggunakan 20 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Opor Ayam Kampung:
  1. Ambil 1 ekor ayam kampung
  2. Sediakan 1 buah kelapa parut untuk santan (500 ml kental, 500 ml encer)
  3. Sediakan 2 sdm bawang goreng lebih banyak lebih enak
  4. Siapkan 4 sdm minyak goreng untuk mengsanrai bumbu halus
  5. Gunakan Bahan dihaluskan
  6. Siapkan 12 siung bawang merah
  7. Sediakan 8 siung bawang putih
  8. Ambil 1 ruas jahe
  9. Gunakan 1 ruas kunyit
  10. Sediakan 1 sdt Tumbar
  11. Siapkan 4 biji kemiri
  12. Sediakan 1 sdm gula
  13. Siapkan 1 sdm garam
  14. Sediakan Penyedap rasa secukupnya. bisa diskip jika tdk berkenan
  15. Sediakan 1 sdt bubuk merica
  16. Gunakan Bahan yg ikut disangrai bersama bahan yg dihaluskan
  17. Ambil 2 batang serai
  18. Siapkan 2 lembar daun salam
  19. Siapkan 3 lembar daun jeruk
  20. Sediakan 1 ruas lengkuas

Resep Opor Ayam Kuning - Menjelang hari raya Lebaran, resep opor ayam kuning pun kian dicari oleh sejumlah orang. Siapa yang tidak pernah makan opor ayam? Opor ayam merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam dan santan, yaitu ayam rebus yang dimasak dengan menggunakan bumbu kental dari santan yang lalu ditambahkan dengan. Bumbu dan Resep Opor Ayam Kampung.

Cara membuat Opor Ayam Kampung:
  1. Cuci bersih ayam kampung yg sudah dipotong-potong. Lalu rebus dg 1 liter air selama +- 30 menit hingga air kaldu tersisa sekitar 500 s.d 700 ml
  2. Sangrai Bumbu yg sudah dihaluskan bersama bahan lainnya hingga harum. Lalu tuang ke rebusan ayam
  3. Tambahkan santan ke dalam rebusan ayam dan bumbu. Rebus kembali hingga mendidih.
  4. Icip rasanya dan jika kurang tambahkan garam/gula sesuai selera. Hidangkan bersama Lontong/ketupat serta sambal goreng, taburkan bawang goreng. Selamat menikmati

Opor ayam tidak hanya disajikan untuk Lebaran. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Bayangkan gurihnya daging ayam kampung bersama kuah opor yang kental kaya akan rempah, pasti nikmat sekali disantap bersama nasi putih panas atau ketupat. Opor ayam merupakan salah satu masakan yang terbuat dari daging ayam yang memiliki kuah Opor ayam merupakan salah satu hidangan yang sering muncul dalam momentum lebaran atau hari.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat opor ayam kampung yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved