Resep Opor ayam kampung Anti Gagal

Bobby Gray   27/11/2020 09:33

Opor ayam kampung
Opor ayam kampung

Sedang mencari inspirasi resep opor ayam kampung yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam kampung yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam kampung, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan opor ayam kampung yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Opor ayam kampung. ayam potong sesuai selera, serai geprek, kunyit haluskan, jahe haluskan, garam, bawang putih haluskan, bawang merah haluskan, laos haluskan. Opor ayam ialah hidangan ayam berkuah santan, dan biasanya dinikmati bersama lontong atau Ayam kampung memang sekilas mirip ayam jantan. Ayam kampung asli biasanya memiliki badan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan opor ayam kampung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Opor ayam kampung memakai 18 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Opor ayam kampung:
  1. Siapkan 1 ekor ayam kampung
  2. Siapkan 3 lbr daun salam
  3. Siapkan 2 btg serai (geprek)
  4. Ambil 2 lbr daun jeruk
  5. Ambil 1 ruas lengkuas (geprek)
  6. Gunakan 1 liter santan (dr 1 bh kelapa)
  7. Ambil Minyak secukupnya untuk menumis
  8. Sediakan Garam/gula/bubuk kaldu
  9. Siapkan Bumbu halus
  10. Ambil 8 siung bawang merah
  11. Ambil 6 siung bawang putih
  12. Gunakan 3 cm kencur (blh skip)
  13. Gunakan 4 butir kemiri (sangrai)
  14. Ambil 2 sdm ketumbar (sangrai)
  15. Sediakan 1 sdt jintan (sangrai)
  16. Sediakan 1/2 biji pala (sangrai; blh skip)
  17. Ambil 5 cm kunyit
  18. Siapkan 3 cm jahe

Resep Opor Ayam Kuning - Menjelang hari raya Lebaran, resep opor ayam kuning pun kian dicari oleh sejumlah orang. Siapa yang tidak pernah makan opor ayam? Opor ayam merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam dan santan, yaitu ayam rebus yang dimasak dengan menggunakan bumbu kental dari santan yang lalu ditambahkan dengan. Bumbu dan Resep Opor Ayam Kampung.

Cara menyiapkan Opor ayam kampung:
  1. Potong2 dan cuci ayam sampai bersih
  2. Tumis bumbu halus + daun salam/daun jeruk/lengkuas/serai sampai harum lalu masukan ayam tambahkan sedikit air + gula/garam/bubuk kaldu lalu masak hingga air menyusut dan ayam empuk
  3. Tambahkan santan lanjut masak hingga santan sedikit mengental dan opor ayam bs disajikan jgn lupa tabur bawang goreng biar tambah nikmat 😊

Opor ayam tidak hanya disajikan untuk Lebaran. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Bayangkan gurihnya daging ayam kampung bersama kuah opor yang kental kaya akan rempah, pasti nikmat sekali disantap bersama nasi putih panas atau ketupat. Opor ayam merupakan salah satu masakan yang terbuat dari daging ayam yang memiliki kuah Opor ayam merupakan salah satu hidangan yang sering muncul dalam momentum lebaran atau hari.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat opor ayam kampung yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved