Bagaimana Membuat Opor ayam kampung yang Bisa Manjain Lidah

Edward Cortez   19/08/2020 09:30

Opor ayam kampung
Opor ayam kampung

Sedang mencari ide resep opor ayam kampung yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam kampung yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Opor ayam kampung. ayam potong sesuai selera, serai geprek, kunyit haluskan, jahe haluskan, garam, bawang putih haluskan, bawang merah haluskan, laos haluskan. Opor ayam ialah hidangan ayam berkuah santan, dan biasanya dinikmati bersama lontong atau Ayam kampung memang sekilas mirip ayam jantan. Ayam kampung asli biasanya memiliki badan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam kampung, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan opor ayam kampung yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan opor ayam kampung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Opor ayam kampung memakai 19 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Opor ayam kampung:
  1. Sediakan 1 ekor ayam kampung (1 kg) tanpa jeroan
  2. Gunakan 1/2 butir jeruk lemon
  3. Ambil 400 ml air
  4. Gunakan Bumbu halus
  5. Ambil 7 siung bawang merah
  6. Siapkan 5 siung bawang putih
  7. Ambil 1 sdm ketumbar bubuk
  8. Gunakan 1/2 sdm lada putih bubuk
  9. Sediakan Bahan dan bumbu lainnya
  10. Sediakan 3 cm lengkuas geprek
  11. Siapkan 1 sereh geprek
  12. Siapkan 3 lbr daun salam
  13. Sediakan 3 lbr daun jeruk purut
  14. Gunakan 9 cengkeh
  15. Gunakan 1/2 sdt biji pala bubuk
  16. Siapkan Sejempol gula jawa
  17. Gunakan 80 ml santan instan
  18. Sediakan 1/2 sdt kaldu jamur
  19. Gunakan 3/4 sdt garam

Resep Opor Ayam Kuning - Menjelang hari raya Lebaran, resep opor ayam kuning pun kian dicari oleh sejumlah orang. Siapa yang tidak pernah makan opor ayam? Opor ayam merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam dan santan, yaitu ayam rebus yang dimasak dengan menggunakan bumbu kental dari santan yang lalu ditambahkan dengan. Bumbu dan Resep Opor Ayam Kampung.

Cara membuat Opor ayam kampung:
  1. 1 ekor ayam potong jadi 8, cuci bersih, kucuri perasan jeruk lemon, diamkan selama 20 menit, cuci bersih kembali
  2. Blender bumbu (bawang merah, bawang putih, ketumbar bubuk dan merica bubuk) hingga halus
  3. Tumis bumbu halus, lengkuas, daun salam, daun jeruk purut, sereh, biji pala, cengkeh dan gula jawa hingga harum, masukkan ayam, aduk-aduk hingga semua permukaan potongan ayam terlumuri bumbu, diamkan (ungkep) selama 20 menit, tambahkan air, tunggu hingga masak, tambahkan santan instan, tunggu masak, tambahkan kaldu jamur, garam, test rasa, apabila sesuai, kecilkan api, diamkan selama 20 menit, selesai—> siap disajikan

Opor ayam tidak hanya disajikan untuk Lebaran. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Bayangkan gurihnya daging ayam kampung bersama kuah opor yang kental kaya akan rempah, pasti nikmat sekali disantap bersama nasi putih panas atau ketupat. Opor ayam merupakan salah satu masakan yang terbuat dari daging ayam yang memiliki kuah Opor ayam merupakan salah satu hidangan yang sering muncul dalam momentum lebaran atau hari.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Opor ayam kampung yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved