Resep Opor ayam kampung dan tahu Anti Gagal

Mattie Collier   20/08/2020 11:14

Opor ayam kampung dan tahu
Opor ayam kampung dan tahu

Lagi mencari inspirasi resep opor ayam kampung dan tahu yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam kampung dan tahu yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Cara memasak: - Rebus ayam terlebih dahulu buang air dan sisihkan. Goreng tahu setengah matang, sisihkan. - Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun jeruk, daun salam dan serai, aduk-aduk sampai agak layu. Ini adalah opor ayam yang rasanya nikmat banget dan bikinnya mudah.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam kampung dan tahu, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan opor ayam kampung dan tahu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat opor ayam kampung dan tahu sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Opor ayam kampung dan tahu menggunakan 14 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Opor ayam kampung dan tahu:
  1. Sediakan 1 ekor Ayam
  2. Siapkan 4 kotak Tahu
  3. Sediakan 12 siung Bawang merah
  4. Gunakan 12 Bawang putih
  5. Sediakan jempol Lengkuas ukuran
  6. Sediakan jempol Jahe ukuran
  7. Gunakan 2 batang Kunyit
  8. Sediakan 6 butir Kemiri
  9. Siapkan 3 batang Sereh
  10. Ambil Kelapa 1 buah diparut
  11. Siapkan 7 lembar Daun salam
  12. Sediakan secukupnya Merica bubuk
  13. Sediakan secukupnya Ketumbar bubuk
  14. Ambil Penyedap rasa : garam, maseko n gula

Ayam kampung memang sekilas mirip ayam jantan. Ayam kampung asli biasanya memiliki badan lebih ramping dan memanjang. Terkadang kita akan menemui ayam kampung yang gemuk dan mengandung lemak. Biasanya, ayam kampung demikian akan membuat rasa opor semakin gurih.

Langkah-langkah membuat Opor ayam kampung dan tahu:
  1. Bersihkan ayam lalu potong sesuai selera. Potong tahu dan setengah matang
  2. Siapkan dan bersihkan bumbu lalu potong² kecuali sereh dan daun salam ya 😁 bumbu yang telah dipotong digoreng diminyak panas
  3. Goreng bumbu hingga matang, tiriskan dan tunggu hingga dingin juga boleh lalu dihaluskan
  4. Siapkan kepala parut lalu ambil santannya
  5. Siapkan wajan dan didihkan air lalu masukan bumbu yang telah dihaluskan berserta sereh gekprek dan daun salam
  6. Diamkan hingga mendidih lalu masukan ayam (diungkep) hingga matang lalu masukan santan, tahu goreng dan penyedap rasa
  7. Diamkan beberapa saat, jangan lupa cek rasa lagi yak 😁
  8. Opor ayam tahu siap disajikan 😉

Resep Opor Ayam - Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan Kelezatan opor ayam, terletak pada perpaduan bumbu, kuah kental dan kelembutan daging ayam. Selain itu, taburan bawang merah di atasnya. Resep Opor Ayam Kuning - Menjelang hari raya Lebaran, resep opor ayam kuning pun kian dicari oleh sejumlah orang. Masukkan ayam dan tahu aduk rata, masak sampai ayam setengah matang, dan bumbu meresap.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Opor ayam kampung dan tahu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved