Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ikan Kerapu Sambal Jeruk Purut Anti Gagal

Mike Reynolds   14/10/2020 08:27

Ikan Kerapu Sambal Jeruk Purut
Ikan Kerapu Sambal Jeruk Purut

Sedang mencari ide resep ikan kerapu sambal jeruk purut yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan kerapu sambal jeruk purut yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan kerapu sambal jeruk purut, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ikan kerapu sambal jeruk purut enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ikan kerapu sambal jeruk purut sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ikan Kerapu Sambal Jeruk Purut memakai 18 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Ikan Kerapu Sambal Jeruk Purut:
  1. Sediakan Ikan Goreng:
  2. Gunakan Ikan kerapu (boleh ikan yg lain)
  3. Gunakan Secukupnya kunyit bubuk
  4. Sediakan Secukupnya garam
  5. Ambil Secukupnya jeruk nipis/asam jawa
  6. Sediakan Sambal jeruk purut:
  7. Siapkan 3 siung bawang merah
  8. Sediakan 2 siung bawang putih
  9. Siapkan 15 biji cabe (sesuai selera)
  10. Sediakan 1 buah tomat ukuran sedang
  11. Sediakan Secukupnya gula
  12. Sediakan Secukupnya penyedap rasa
  13. Ambil Jeruk purut
  14. Gunakan Lalapan:
  15. Ambil Tahu goreng
  16. Sediakan Kacang panjang
  17. Sediakan Kol
  18. Ambil Terong
Cara menyiapkan Ikan Kerapu Sambal Jeruk Purut:
  1. Marinasi ikan dengan garam, kunyit bubuk, asam Jawa/jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Kemudian goreng sampai kuning kecoklatan.
  2. Sambil menunggu ikan, rebus bahan lalapan dengan air mendidih ditambah sdt garam. Rebus selama 5 menit. Tiriskan lalapan.
  3. Bahan sambal seperti cabe, tomat, bawang putih, bawang merah, digoreng sampai layu. Uleg diatas cobek kemudian tambahkan garam, gula, penyedap rasa. Ulegnya jgn terlalu halus ya, biar sedap. Kemudian peras jeruk purut di atas sambal.
  4. Susun lalapan dan ikan goreng di atas cobek, ikan kerapu goreng sambal jeruk purut siap di santap untuk berbuka. Yummy 🤤

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ikan kerapu sambal jeruk purut yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved