Resep 64. Cilok Bumbu Kacang Sederhana yang Lezat

Hulda Dean   03/10/2020 04:35

64. Cilok Bumbu Kacang Sederhana
64. Cilok Bumbu Kacang Sederhana

Sedang mencari ide resep 64. cilok bumbu kacang sederhana yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal 64. cilok bumbu kacang sederhana yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 64. cilok bumbu kacang sederhana, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan 64. cilok bumbu kacang sederhana yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Kepopuleran cilok bumbu kacang kini bukan hanya di kota asalnya, tetapi juga jadi favorit sebagai jajanan kaki lima di kota-kota besar. Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah 64. cilok bumbu kacang sederhana yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat 64. Cilok Bumbu Kacang Sederhana memakai 20 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan 64. Cilok Bumbu Kacang Sederhana:
  1. Ambil 250 gram tepung terigu
  2. Gunakan 150 gram tepung tapioka
  3. Siapkan 400 ml air panas
  4. Ambil 2 batang daun bawang,iris halus
  5. Gunakan 1 sdt garam
  6. Gunakan 1 sdt kaldu bubuk
  7. Sediakan 1 sdt bawang putih bubuk
  8. Sediakan 1/2 sdt merica bubuk
  9. Gunakan Secukupnya air untuk merebus
  10. Siapkan 1 sdm minyak goreng
  11. Sediakan Bumbu kacang :
  12. Ambil 200 gram kacang tanah goreng
  13. Gunakan 2 buah cabe merah besar (sy skip)
  14. Sediakan 5 buah cabe rawit(opsional)
  15. Ambil 1/2 sdt bubuk bawang putih
  16. Gunakan 2 lembar daun jeruk
  17. Siapkan 3 sdm kecap manis
  18. Siapkan 1 sdm tapioka larutkan dengan sedikit air
  19. Gunakan Secukupnya garam,gula dan penyedap rasa
  20. Sediakan Secukupnya air

Buku "Jajanan Kaki Lima Khas Bandung" karya Linda Carolina Brotodjojo yang diterbitkan oleh Gramedia. Resep cara membuat cilok sederhana serta bumbu kacang enak. Dengan tambahan bumbu bumbu sederhana, maka campuran tepung terigu dan tepung kanji ini menjadi jajanan yang murah meriah dan laris manis. Pada hakekatnya cara buat cilok jajanan sehari hari untuk pedagang kaki lima bisa dipelajari dengan mudah.

Langkah-langkah menyiapkan 64. Cilok Bumbu Kacang Sederhana:
  1. Membuat cilok : Siapkan semua bahan terlebih dahulu.
  2. Campur semua bahan lalu tuangi air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok/centong nasi,setelah agak dingin,uleni pakai tangan sampai kalis dan bisa dipulung.
  3. Bulat²kan adonan sampai habis.
  4. Didihkan air kemudian beri 1 sdm minyak goreng kemudian masukkan cilok,tunggu sampai cilok terapung,diamkan 5 menit sebelum diangkat.
  5. Setelah mengapung selama 5 menit,angkat dan tiriskan cilok.
  6. Membuat bumbu kacang:
  7. Ulek kasar cabe rawit dan kacang tanah.
  8. Masukkan dalam panci lalu beri air,gula,garam,penyedap rasa,kecap manis,bawang putih bubuk dan daun jeruk,masak sampai mendidih.
  9. Setelah mendidih,beri larutan tapioka untuk mengentalkan,masak kembali sampai mendidih,matikan api. Angkat.
  10. Hidangkan cilok dengan bumbu kacang.
  11. Siap dinikmati 😊

Cilok merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung kanji atau tepung tapioka dengan. Siapkan wajan, lalu didihkan minyak goreng secukupnya. Cara Membuat Cilok Sederhana: Masukan tepung terigu, bumbu masak (garam, gula, merica, penyedap) ke dalam wadah aduk hingga tercampur. Ketika cilok mengapung dan sudah terlihat mengkilat, angkat dan tiriskan. Cilok kanji sederhana sudah siap disantap untuk sajian lezat keluarga tercinta.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat 64. cilok bumbu kacang sederhana yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved