Resep Cilok Saus Kacang Anti Gagal

Myra Johnson   26/11/2020 12:47

Cilok Saus Kacang
Cilok Saus Kacang

Lagi mencari inspirasi resep cilok saus kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok saus kacang yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok saus kacang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan cilok saus kacang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cilok saus kacang sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Cilok Saus Kacang memakai 16 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Cilok Saus Kacang:
  1. Sediakan 200 ml air panas
  2. Gunakan 125 gr tepung terigu
  3. Sediakan 125 gr tapioka
  4. Siapkan 4 siung bawang putih haluskan
  5. Siapkan 1/2 sdt lada bubuk
  6. Siapkan Secukupnya garam dan kaldu bubuk
  7. Siapkan Bahan Saos :
  8. Ambil 100 gr kacang tanah
  9. Gunakan 10 buah rawit merah
  10. Siapkan 5 lembar daun jeruk buang tulang tengahnya
  11. Sediakan 4 siung bawang putih
  12. Ambil 1/2 sdt kencur bubuk/bs pakai yg fresh
  13. Siapkan 1 sdt air asam jawa
  14. Gunakan 30-50 gr gula merah
  15. Gunakan Secukupnya garam
  16. Gunakan Secukupnya air hangat
Langkah-langkah menyiapkan Cilok Saus Kacang:
  1. Didihkan air dengan 1 sdm minyak,haluskan bawang putih campur ke wadah adonan bersama garam,lada bubuk dan kaldu bubuk 👇🏻
  2. Aduk rata lalu tambahkan air panas aduk dengan spatula sampai kalis/mudah untuk dibentuk,bentuk bulat(ukuran sesuai selera)
  3. Masukan bulatan ke panci tadi tapi air harus sudah mendidih,masak sampai mengapung lalu angkat.goreng kacang tanah sampai hampir matang baru masukan rawit,bawang putih dan daun jeruk setelah matang angkat dan tiriskan 👇🏻
  4. Haluskan bahan bumbu yang tadi digoreng tambahkan garam dan gula(saya gunakan chopper)beri air hangat matang secukupnya jangan lupa koreksi rasa!!!
  5. Siramkan bumbu ke cilok😉

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat cilok saus kacang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved