Bagaimana Menyiapkan Sayur asem (sayur bening ala jatim) Anti Gagal

Sue Mullins   09/07/2020 20:11

Sayur asem (sayur bening ala jatim)
Sayur asem (sayur bening ala jatim)

Sedang mencari inspirasi resep sayur asem (sayur bening ala jatim) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem (sayur bening ala jatim) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem (sayur bening ala jatim), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sayur asem (sayur bening ala jatim) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Sayur asem or sayur asam is an Indonesian vegetable soup. It is a popular Southeast Asian dish orginating from Sundanese cuisine, consisting of vegetables in tamarind soup. The sweet and sour flavour of this dish is considered refreshing and very compatible with fried or grilled dishes.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sayur asem (sayur bening ala jatim) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sayur asem (sayur bening ala jatim) menggunakan 13 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sayur asem (sayur bening ala jatim):
  1. Ambil bawang merah
  2. Ambil lengkuas (sedikit saja)
  3. Gunakan garam
  4. Sediakan gula
  5. Sediakan asam jawa
  6. Sediakan Sayuran :
  7. Gunakan wortel ukuran sedang
  8. Ambil daun kol (gobis)
  9. Siapkan Kacang panjang
  10. Ambil kecambah kedelai, dikira 2 aja (sy beli Rp.500,-)
  11. Ambil daun sledri
  12. Gunakan tomat merah sedang
  13. Sediakan air (dikira kira saja)

Ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasi dari orang Betawi di Jakarta), sayur asam kangkung (variasi yang menggunakan kangkung), dan sayur asam ikan asin. Bagaimana cara masak sayur asem bening yang enak dan praktis? Sayur asem Jakarta sebenarnya memiliki banyak kemiripan dengan sayur asem ala Sunda. Bagian yang membedakan adalah bahan pelengkap seperti jengkol baweh (jengkol yang ditanam di tanah hingga bertunas).

Cara menyiapkan Sayur asem (sayur bening ala jatim):
  1. Potong semua sayuran === wortel di potong tipis2 == tomat jadikan 4 bagian === kol di potong jadi lembaran2 kecil === kacang panjang potong jadi kecil2 (lihatlah gambar di atas)
  2. Cuci semua bumbu dan sayuran
  3. Panaskan air
  4. Potong2 bawang merah seperti memotong bawang goreng, geprek lengkuas, kemudian masukkan ke dalam rebusan air begitu juga dengan tomat dan asam jawa
  5. Jika sudah mendidih masukkan kecambah, kacang panjang, seledri dan wortel tunggu sekitar 10 menit (setengah matang)kemudian terakhir masukkan kol
  6. Tambahkan gula dan garam secukupnya
  7. Cek rasa dan jika sayuran sudah empuk matikan api
  8. Sayur asem siap di sajikan

Sayur asem termasuk sajian sehat yang menyegarkan. Yuk intip kreasi resep sayur asem yang bisa Anda coba di rumah agar tidak membosankan. Selain mudah dibuat, sayur asem juga sangat menyegarkan. Lihat juga resep Sayur Asem enak lainnya. Lebih familiar dengan sayur asem ala sunda?

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sayur asem (sayur bening ala jatim) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved