Resep Sambal Goreng Hati Kentang, Bikin Ngiler

Charlotte Brooks   18/08/2020 12:31

Sambal Goreng Hati Kentang
Sambal Goreng Hati Kentang

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal goreng hati kentang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal goreng hati kentang yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Masukkan hati ampela dan kentang yang sudah digoreng hingga matang. Aduk rata semua bahan dan bumbu hingga keduanya tercampur rata. Lihat juga resep Sambal Goreng Ati Ampela enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal goreng hati kentang, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sambal goreng hati kentang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sambal goreng hati kentang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sambal Goreng Hati Kentang menggunakan 14 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sambal Goreng Hati Kentang:
  1. Ambil 1 kg hati sapi
  2. Ambil 1 bh kentang uk sedang potong dadu dan digoreng
  3. Sediakan 200 ml santan kental matang atau 2 pak santan instant 65ml
  4. Ambil 10 bh Cabe merah keriting
  5. Ambil 10 bh bawang merah
  6. Siapkan 8 bh bwh putih
  7. Ambil 5 bh kemiri
  8. Sediakan 4 lbr daun Salam
  9. Gunakan 3 btg sereh
  10. Siapkan 4 lbr daun jeruk
  11. Siapkan 5 cm langkuas
  12. Siapkan Gula merah, lada, kaldu bubuk (sapi)
  13. Sediakan 1 sdm susu bubuk atau 50 ml susu cair
  14. Gunakan Garam

Sambal goreng kentang adalah sambal yang menggunakan kentang sebagai bahan utamanya. Sambal goreng kentang sendiri kabarnya sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Namun pada saat itu kebanyakan sambal goreng kentang, tidak digoreng tapi direbus. Sambal goreng ati adalah salah satu menu wajib pendamping ketupat atau lontong saat Lebaran tiba.

Cara membuat Sambal Goreng Hati Kentang:
  1. Rebus hati sapi dalam air mendidih dan masukan susu bubuk/susu cair utk menghilangkan amis. Masak hingga matang, kemudian cuci bersih dan potong dadu
  2. Potong dadu kentang dan goreng hingga berkulit
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe, lada smp halus.
  4. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, daun jeruk smp wangi dan mengeluarkan minyak, kemudian masukan santan dan masak hingga mendidih. Masukan gula merah dan sedikit kaldu bubuk dan garam. Koreksi rasa
  5. Masukan hati sapi yang sdh dipotong td dan aduk2, tambahkan sedikit air. Aduk kurleb 10 mnt, kemudian masukan kentang goreng. Aduk2 perlahan sm asat dan matang.
  6. Jika suka tambahkan petai. Siap disajikan

Simak resep dan cara membuat selengkapnya! Tiriskan daging sapi dan kentang goreng, lalu tumis semua bumbu yang dihaluskan. Tambahkan juga daun salam, lengkuas dan serai yang digeprek. Udang dan kentang goreng dadu adalah pasangan nikmat untuk dimasak sambal goreng. Udang yang masih berkulit akan lebih lezat untuk sajian ini karena akan membuat bumbu/sambalnya lebih melekat.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sambal Goreng Hati Kentang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved