Cara Gampang Menyiapkan Sambal Goreng Ati dan Kentang, Lezat Sekali

Luella Warren   14/07/2020 03:44

Sambal Goreng Ati dan Kentang
Sambal Goreng Ati dan Kentang

Lagi mencari ide resep sambal goreng ati dan kentang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal goreng ati dan kentang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Agar sambal goreng ati tidak amis di lidah, penting buatmu untuk menggunakan asam jawa dan gula jawa yang cukup. Sambal goreng kentang ampela ati. foto: Instagram/@laila_umi. Menu sambal goreng kentang ini selalu hadir melengkapi sajian hari Lebaran.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal goreng ati dan kentang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sambal goreng ati dan kentang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sambal goreng ati dan kentang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sambal Goreng Ati dan Kentang memakai 23 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sambal Goreng Ati dan Kentang:
  1. Siapkan 1/2 kg ati sapi segar, potong kotak kecil
  2. Sediakan 1/2 kg kentang, kupas, potong kotak kecil
  3. Siapkan Bumbu rebus ati
  4. Gunakan 2-3 daun salam
  5. Ambil 1 siung Bawang geprek
  6. Sediakan Bumbu halus
  7. Sediakan 9 cabai rawit (skip)
  8. Sediakan 15 bh cabai keriting
  9. Gunakan 7 siung bawang putih
  10. Gunakan 6 bawang merah
  11. Sediakan 1 saset kecil trasi
  12. Siapkan Bumbu kasar
  13. Sediakan 1 bh cabai merah besar iris serong
  14. Sediakan 1 bh tomat iris tipis
  15. Ambil 2 ruas laos geprek
  16. Gunakan 3 daun salam
  17. Ambil 1 daun jeruk
  18. Siapkan 2 btg sereh (skip)
  19. Gunakan secukupnya Santan
  20. Ambil Secukupnya kaldu bubuk sapi
  21. Gunakan sepucuk sendok teh Lada
  22. Ambil 1 sdt Ebi (skip diganti trasi)
  23. Sediakan Secukupnya Gula jawa dan Garam

Tapi disini saya akan memberikan resep yang cukup dimakan oleh anggota. Sambal goreng kentang merupakan lauk yang lezat dan cocok untuk berbuka. Sambal Goreng Kentang Hati juga sering menjadi pelengkap Nasi Tumpeng atau Nasi Kuning bersama lauk lainnya seperti Kering Tempe, Perkedel Kentang, Ayam Goreng dan Urap Sayuran. Haluskan cabe merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal Goreng Ati dan Kentang:
  1. Cuci ati sapi segar hilangkan darahnya sampe bersih. Lalu rebus sebentar hingga ati sedikit kaku. Angkat dan potong2 kotak kecil 1x1 cm atau sesuai selera.
  2. Kemudian rebus ati sapi beserta bumbu rebusnya sampai matang dirasa sudah empuk, angkat dan tiriskan ati.
  3. Kupas kentang dan potong sesuai ati, lalu goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  4. Haluskan semua bumbu halus dengan blender. Lalu panaskan minyak tumis bumbu halus tambahkan bumbu kasar tumis sampai harum di aduk aduk ya biar ga gosong lalu masukan potongan halus cabai besar dan tomat, tumis sampai harum
  5. Tambahkan ati sapi yang sudah dipotong masak hingga bumbu meresap, lalu masukan kentang goreng.
  6. Tambahkan air agak banyak tunggu sampe mendidih tambahkan santan diaduk aduk biar santan ngga pecah dan tunggu sampai matang, tambahkan royco garam gula jawa cek rasa 🔥 (kuah agak kering atau sesuai selera saja ya)

Masukkan kentang dan potongan ati ampela, aduk rata. Lihat juga resep Sambal Goreng Ati Ampela enak lainnya. Sambel goreng ati paling enak di campur kentang yang di goreng, terus kapri. Kapri ini selain sebagai sayuran, juga sebagai pemanis Lebih bagus lagi kalau kaprinya di goreng aja sebentar, lalu di masukkan terakhir pas sambal goreng udah matang dan kuah menyusut.jadi kaprinya masih terasa. Resep sambal goreng kentang plus hati ampela dan pete memang enak karena campuran yang cocok sekali, buat yang tidak suka bisa menyesuaikan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sambal Goreng Ati dan Kentang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved