Resep Pukis empuk, Enak

Vincent Reynolds   21/11/2020 17:10

Pukis empuk
Pukis empuk

Anda sedang mencari inspirasi resep pukis empuk yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pukis empuk yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Source : Rachmy Cobain bikin pukis lagi kali ini bikin yang pakai biang dulu, resep dari ibu Fatmah Bahalwan, dan ternyata enak lho, empuk dan mantap, untuk gulanya aku ikut resepnya mba Rachmy, kata adikku sih kurang manis dikit, tapi kalau kata mama aku sih udah pas, lain orang lain juga sele. Dan ternyata aku paling Cocok resepnya Mba Rina Rinso. Teksturnya Pas, Lembut dan pastinya Enak.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pukis empuk, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan pukis empuk yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat pukis empuk sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Pukis empuk menggunakan 11 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Pukis empuk:
  1. Gunakan 200 gram tepung terigu protein sedang
  2. Ambil 50 gram tepung terigu protein tinggi
  3. Sediakan 2 butir telur utuh
  4. Ambil 150 gram gula pasir
  5. Siapkan 120 ml susu uht fullcream
  6. Sediakan 250 ml air
  7. Ambil 100 gr margarin (lelehkan jangan sampai mendidih)
  8. Sediakan 1 sdt vanili
  9. Siapkan 1 sdt ragi instan
  10. Ambil 1 sdt garam
  11. Siapkan Secukupnya keju/meses untuk toping

Kamu bisa mengikuti resep yang telah ada, dijamin kamu bisa bikin kue pukis dengan rasa enak empuk dan antigagal. Cara Membuat Kue Pukis Empuk, Enak Sederhana, Enak dan Nikmat Cara Mempersiapkan Peralatan dan Bahan Kue: Untuk yang pertama dapat kita lakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan semua peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat hidangan kue kali ini. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka anda akan dapat dengan mudah membuat sajian kali ini. Meski dari Banyumas, kini popularitasnya sudah melejit sampai ke berbagai kota di Indonesia.

Langkah-langkah menyiapkan Pukis empuk:
  1. Persiapan awal campur air dan susu uht dalam wadah, hangatkan (sampai hangat, jangan panas). Juga ayak campuran tepung terigu protein sedang dan protein tinggi, sisihkan semuanya.
  2. Mixer gula dan telur dengan speed sedang sampai mengembang dan pucat.
  3. Turunkan speed, tambahkan tepung secara bertahap dan bergantian dengan susu+air, kocok hingga merata, tambahkan ragi instan
  4. Masukkan margarin leleh, kocok lagi dengan speed rendah hingga tercampur rata
  5. Tutup adonan, proofing kurang lebih 30-60 menit hingga terlihat buih di atas adonan
  6. Setelah adonan mengembang, aduk untuk mengeluarkan udara, panaskan cetakan hingga benar-benar panas. Gunakan api kecil, tuang adonan jangan lebih dari 3/4 cetakan. Tutup.
  7. Jika terlihat adonan mulai matang, tambahkan toping diatasnya (saya pakai keju potong sesuai request jamaah) 🤭. Tutup kembali agak bagian atas cepat matang
  8. Setelah bagian atas matang merata, angkat pukis dari cetakan, bisa dioles dengan margarin agar makin gurih.. ini anget2 langsung lhep enaaaaak bangeeet 😋

Rasa khasnya manis, gurih, empuk, lembut, dan sedikit krispi. Kendati demikian, kue pukis juga bisa dengan mudah di daerah lain di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dengan fakta tersebut, kue pukis menjadi panganan ringan yang mudah ditemukan di mana saja. Rasanya yang manis dan teksturnya yang empuk menjadikan kue pukis sebagai sebuah panganan ringan yang bisa disantap sore maupun pagi hari. Kue pukis merupakan salah satu kue tradisional yang bisa kita jumpai dimana saja, mulai dari kaki lima hinggal mall.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan pukis empuk yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved