Resep Sambal Terasi Mangga Muda, Lezat Sekali

Verna Craig   08/12/2020 23:14

Sambal Terasi Mangga Muda
Sambal Terasi Mangga Muda

Lagi mencari inspirasi resep sambal terasi mangga muda yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal terasi mangga muda yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Sambal Mangga Muda merupakan salah satu sambal yang mempunyai banyak penggemar. Dari sabang sampai merauke pasti sudah mengenal Sambal Mangga Muda. Bahan utama yang digunakan yaitu cabe yang dimix dengan Mangga Muda yang mampu menghasilkan citarasa yang sempurna.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal terasi mangga muda, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sambal terasi mangga muda yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sambal terasi mangga muda sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sambal Terasi Mangga Muda memakai 11 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sambal Terasi Mangga Muda:
  1. Ambil 1 buah Cabe Merah
  2. Siapkan 8 buah Cabe Rawit (tergantung selera)
  3. Gunakan 2 siung Bawang Putih
  4. Sediakan 5 siung Bawang Merah
  5. Ambil 1 buah Tomat
  6. Siapkan Mangga Muda
  7. Ambil 1/2 sachet Terasi (merk ABC)
  8. Sediakan Garam
  9. Ambil Gula Pasir
  10. Ambil Penyedap Rasa
  11. Siapkan Minyak Goreng

Sambal Terasi is so easy to make at home, and a 'must-know' recipe for the budding home cook! With a few simple ingredients, you will never have to rely on Sambal Terasi is one of the most commonly eaten varieties in Indonesia that is quick and easy to make, plus it tastes even more divine when it is. Ingin sambal mangga muda kamu makin maknyus? Tambah sedikit terasi bakar. (Foto: Shutterstock).

Cara membuat Sambal Terasi Mangga Muda:
  1. Potong-potong duo bawang, cabe & tomat. Sisihkan.
  2. Goreng duo bawang, cabe & terasi lebih dulu. Sisihkan.
  3. Setelah itu baru goreng tomat. Sisihkan.
  4. Ulek duo bawang, cabe & terasi yg sudah digoreng tdi. Tambahkan garam, gula & penyedap rasa.
  5. Setelah tercampur merata, masukkan tomat yg sudah digoreng tadi. Ulek lagi sebentar saja. Test rasa.
  6. Dan terakhir tambahkan mangga muda yg sudah dicincang dibagian atasnya.

Meski banyak yang menyukai buah mangga matang, tidak sedikit yang memilih menyantap mangga muda yang didominasi dengan rasa asam segar. Hidangan pecel lele sambal terasi adalah hidangan yang enak dan lezat. Sajian ini dibuat dengan komposisi bumbu sambal yang pas yang akan membuat selera makan anda semakin meningkat. Sambal mangga muda ini memiliki rasa yang enak selain itu juga segar karena terdapat potongan mangga muda yang memang sanga nikmat serta sesuai apabila didampingi dengan nasi putih serta lauk misalnya saka ayam bakar, ikan bakar, ayam goreng dan aneka jenis lauk lain. Pindahkan ke wadah saji dan sambal terasi dengan keharuman yang khas siap dihidangkan!

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sambal terasi mangga muda yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved