Resep Sambal mangga muda, Menggugah Selera

Harriet Vega   26/11/2020 05:31

Sambal mangga muda
Sambal mangga muda

Sedang mencari ide resep sambal mangga muda yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal mangga muda yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal mangga muda, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sambal mangga muda enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Resep Sambal Mangga Yang Super Pedas Dan Enak. Sambal mangga / resep sambal mangga bikin kalap makan. Teman makan yang bikin keringetan tapi mata melek juga mangga muda (sesuai selera dan sesuai porsi yang mau dibuat), cabe merah besar, cabe rawit.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sambal mangga muda yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sambal mangga muda memakai 8 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sambal mangga muda:
  1. Gunakan 2 Mangga Dermayu yg masih mengkal
  2. Siapkan 25 buah cabe hijau rawit
  3. Gunakan 25 buah cabe hijau keriting
  4. Ambil 10 buah bawang merah
  5. Sediakan 1 slice terasi
  6. Siapkan 2 Sendok makan Gula Merah Parut
  7. Gunakan 2 Sendok Teh Garam
  8. Sediakan 1 Sendok Teh Kaldu Jamur

Pembuatan sambal mangga muda ini sangatlah mudah, namun akan jauh lebih mudah lagi jika menggunakan mesin penunjang seperti mesin pengiris buah dan sayur aneka bentuk. Mangga muda biasanya identik untuk para ibu hamil. Rasanya yang asam bikin nagih siapa saja. Meski demikian, ada lagi olahan yang lebih populer yakni sambal mangga muda.

Langkah-langkah membuat Sambal mangga muda:
  1. Cuci semua bahan bumbu rempah rempah dan buah mangga.
  2. Panggang Terasi hingga keluar bau harumnya, kemudian pisahkan
  3. Tumis dengan sedikit minyak goreng semua cabe rawit hijau, cabe hijau keriting dan bawang merah.
  4. Uleg halus bawang merah, kemudian uleg kasar semua cabe. Uleg dan aduk merata.
  5. Tambahkan terasi, garam, gula merah dan kaldu jamur ke dalam sambal tadi. Lalu uleg uleg lagi hingga merata.
  6. Kupas mangga, kemudian cincang kasar dan masukan ke dalam adonan sambal di atas. Aduk merata. Dan test rasa. Tambahkan kekurangannya.
  7. Tambahkan Ikan Gurameh goreng di atas sambal, dan segera dikonsumsi saat ikan Gurameh Goreng masih panas. Yuummmyyy

Sambal Mangga adalah salah satu jenis sambal yang berbahan dasar mangga muda, cabai dan terasi. Dalam proses pengolahanya, mangga muda diserut menjadi tipis atau seperti bentuk korek. Resep Sambal Mangga Muda Sederhana Spesial Pedas Asli Enak. Sambal mangga super pedas hot memang paling enak dimakan bersama ikan ikan bakar, ikan goreng, bebak bakar, bebek goreng. Untuk tingkat rasa pedas pada sambal mangga ini memang dapat ditentuka sesuai dengan keinginan anda, seperti resep sambal mangga muda dibawah ini.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sambal mangga muda yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved