Cara Gampang Membuat Uli Goreng yang Menggugah Selera

Dorothy Austin   21/06/2020 13:47

Uli Goreng
Uli Goreng

Anda sedang mencari ide resep uli goreng yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal uli goreng yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Gemblong / jadah goreng / Uli ketan goreng enak lainnya. Lumpia goreng is an Indonesian simple fried spring rolls filled with vegetables; the spring roll wrappers are filled with chopped carrots cut into matchstick size, shredded cabbage, and sometimes mushrooms. Although usually filled only with vegetables, the fried spring rolls might be enrichen with minced beef, chicken, or prawns.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari uli goreng, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan uli goreng yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah uli goreng yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Uli Goreng memakai 6 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Uli Goreng:
  1. Gunakan 250 gr beras ketan (cuci bersih)
  2. Gunakan 150 gr kelapa parut (bersihkan kulitnya)
  3. Gunakan 120 ml santan
  4. Siapkan 1/2 sdt garam
  5. Sediakan 2 lembar daun pandan
  6. Gunakan minyak untuk menggoreng secukupnya aja

Almarhumah nenek saya selalu buat sendiri dan biasanya saya selalu dibawakan oleh-oleh ini. Uli ketan goreng merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia, hal ini merupakan sebuah kebanggaan bagi bangsa kita sendiri, karena mempunyai berbagai macam kuliner yang khas. Biasanya penyajiannya cukup praktis, dan cara pengolahannya pun sangat mudah, berikut kita simak resep uli ketan goreng agar bisa bunda buat sendiri di rumah. Resep cara membuat uli ketan, salah satu cemilan tradisional khas betawi yang populer.

Langkah-langkah membuat Uli Goreng:
  1. Cuci bersih ketan lalu rendam 1 jam.
  2. Kukus ketan selama 20 menit.
  3. Rebus santan,garam n pandan lalu tuang k dlm ketan yg sudah d kukus td.masukkan jg kelapa parutnya,aduk rata lalu kukus kembali selama 30 menit.
  4. Selagi panas,tumbuk dengan ulekan yg sudah d atas plastik.sampai kalis n licin.setelah kalis simpan dlm wadah yg sudah d alas plastik lalu diamkan sampai dingin n set br d goreng.
  5. Pd saat menggoreng,biar kan satu sisi sampai kuning n agak keras yaa br d balik.supaya mudah n g nempel d wajan.

Umumnya dimakan langsung atau bersama serundeng. Saat ini memang jarang sekali yang menjajakan cemilan ini. Jadi jika kamu sangat ingin, bisa coba buat sendiri di rumah. Adunan ni tak payah uli pon tak pe. Dah siap goreng boleh la salut kan dengan gula atau coklat atau sambal.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat uli goreng yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved