Langkah Mudah untuk Menyiapkan Uli Ketan/ Jadah Uli Goreng Anti Gagal

Craig Morales   09/09/2020 02:43

Uli Ketan/ Jadah Uli Goreng
Uli Ketan/ Jadah Uli Goreng

Anda sedang mencari inspirasi resep uli ketan/ jadah uli goreng yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal uli ketan/ jadah uli goreng yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari uli ketan/ jadah uli goreng, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan uli ketan/ jadah uli goreng enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Uli Ketan atau Jadah adalah jajanan tradisional Indonesia Jadul. Biasanya orang yg sudah tua masih rajin buat Uli Ketan / Jadah. Lihat juga resep Gemblong / jadah goreng / Uli ketan goreng enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat uli ketan/ jadah uli goreng sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Uli Ketan/ Jadah Uli Goreng menggunakan 3 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Uli Ketan/ Jadah Uli Goreng:
  1. Sediakan 250 gr Beras ketan putih
  2. Siapkan 100 gr Kelapa Parut Tua
  3. Ambil Secukupnya garam

Uli Ketan & Jadah Tempe Jajanan Jadul Yang Mirip. Jajanan jadul uli ketan ini sebenarnya ada juga lho di Jogja. Hampir mirip dengan jajanan jadul tradisional Jogja yang kebanyakan orang mengenalnya dengan nama jadah tempe. Bahan pembuatanya pun hampir sama, bahan yang digunakan juga ketan putih yang dimasak bersama santan kelapa.

Cara menyiapkan Uli Ketan/ Jadah Uli Goreng:
  1. Rendam beras ketan semalaman atau minimal 2 jam.. cuci bersih dan tiriskan..
  2. Siapkan dandang kukusan, alasi dg daun pisang/ plastik.. kukus beras ketn selama 30 menit..
  3. Campur kelapa dg garam. Angkat ketan masukan dlm wadah lalu campur dg kelapa.. aduk rata..
  4. Selagi panas tumbuk dg alu (sy dg mutu batu).. beri garam bila dirasa kurang asin..
  5. Bungkus dg daun pisang/ plastik.. kukus kembali selama 20 menit..
  6. Tunggu dingin dan mengeras, lalu potong2 dg pisau yg sdh diolesi minyak..
  7. Goreng dg minyak panas sampai kuning keemasan.. tiriskan dan sajikan selagi hangat..
  8. Save photo..

Assalamualaikum ULI/ULEN/Jadah di Majicom Cocol Sambel Oncom Alhamdulillah ini hasil bebikinan kemarin,baru sempet share resepnya sekarang, bikinnya cukup mudah praktis gak pake ribet, Lumayan jadi banyak,dan sebagian bisa di simpan di kulkas, jadi kalau pas pingin tinggal goreng dadakan anget². nama ketan uli, jajanan tradisional ini juga dikenal dengan sebutan jadah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Industri rumah tangga pembuat tape uli ini umumnya terdapat di pulau Jawa, terutama di propinsi Jawa Barat. Pada awalnya, makanan ini hanya dapat ditemui pada saat acara tertentu, seperti hari raya, hajatan, pesta pernikahan, dan sebagainya.. Tahapan cara membuat nasi ketan putih mulai dari beras ketan hingga menjadi nasi ketan yang enak dan matang. Memasak beras ketan putih dapat dibilang gampang gampang susah.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan uli ketan/ jadah uli goreng yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved