Resep Uli ketan goreng, Lezat Sekali

Willie Hansen   15/11/2020 13:22

Uli ketan goreng
Uli ketan goreng

Lagi mencari inspirasi resep uli ketan goreng yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal uli ketan goreng yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari uli ketan goreng, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan uli ketan goreng enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Buka kulkas, ada sedikit kelapa sangrai dan sedikit santan. Ngga pake lama mikirnya, bikin uli goreng wae. Here is how you achieve it.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat uli ketan goreng sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Uli ketan goreng menggunakan 6 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Uli ketan goreng:
  1. Ambil 1 lt beras ketan putih
  2. Ambil 1 buah kelapa. Di parut/blender/beli jadi
  3. Sediakan 1 santan kara 65ml (bisa skip)
  4. Sediakan 2 lembar pandan (bisa skip)
  5. Ambil Garam sedikit aja
  6. Ambil 1 Pelastik ukuran 1kg di belah 2. Atau plastik apa aja

Uli ketan adalah salah satu jajanan jadul yang terbuat dari beras ketan. Jajanan ini berasal dari Betawi, dan disajikan saat proses mengiringi pemotongan kerbau sebagai tradisi menjelang lebaran. Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni dengan cara ditanak dan ditumbuk hingga teksturnya kenyal. Pembuatan ketan uli memiliki makna mendalam dalam budaya masyarakat Betawi, yaitu sebagai simbol kekeluargaan atau silaturahmi yang terjalin antarkeluarga. makanan ini banyak tersaji waktu perayaan keagamaan seperti Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha.

Cara membuat Uli ketan goreng:
  1. Kelapanya di tambahkan garam, aduk rata lalu kukus 5menit. Jaga² kalo uli ketannya gak langsung di goreng semua supaya gak basi.
  2. Cuci bersih beras ketan, bisa di rendam semalaman atau 6 jam. Lalu di tiriskan.
  3. Panaskan kukusan, langsung kukus aja beras ketan dan daun pandannya sekitar 20 menit.
  4. Angkat nasi ketan ke wadah, lalu tambahkan garam secukupnya dan santan kara, aduk sampai tercampur rata.. diamkan sampai santan meresap.
  5. Lalu kukus lagi sekitar 20 menit atau sampai nasi ketannya bisa di pilin ya Bun 🙏🙏 angkat lagi ke wadah dan campurkan parutan kelapa aduk sampai rata tercampur nasi dan kelapanya😉
  6. Ambil nasi ketannya 1 atau 2 sendok nasi ke atas plastik. Lalu di tutup lagi plastik
  7. Lalu di gilas² nasi ketannya supaya lunak 😃🙏..
  8. Ini cara saya ngebentuknya dan Montong nya, tetap di bungkus plastik (supaya gak lengket di pisau) dan pakai punggung pisau (supaya plastik gak sobek).. bisa langsung goreng sampai warna kecoklatan dengan api sedang aja ya Bun
  9. Ini hasilnya… Garing di luar, lembut di dalam 😊😊

Resep Uli Ketan Sudah turun temurun dan hasilnya biasanya juna goreng, Resep Uli Ketan Bakar Kenyal Sederhana Enak. Uli adalah resep jajanan yang dibuat dari ketan yang dikukus kemudian di bakar, di oven, di goreng, atau dibakar di teflon tanpa minyak sehingga jadilah uli ketan bakar, uli ketan goreng, dan uli ketan yang enak. Uli ketan selain bisa dibakar atau dipanggang bisa juga digoreng yang tidak suka berminyak, mungkin lebih cocok dengan uli bakar atau ketan bakar sambal oncom dan taburan serundeng. Banyak sekali penjual uli ketan bakar dan uli ketan goreng di sekitar Alun alun Bandung. Tapai uli is a roasted block of bland-tasted ketan or pulut (glutinous rice) served with sweet tapai ketan or tapai pulut.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Uli ketan goreng yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved