Bagaimana Membuat Sayur lodeh Anti Gagal

Gabriel Jensen   01/10/2020 00:12

Sayur lodeh
Sayur lodeh

Sedang mencari ide resep sayur lodeh yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur lodeh yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Meskipun lodeh merupakan sayur ala rumahan, namun sayur ini juga banyak disajikan di restoran mahal. Lihat juga resep Lodeh Blonceng Tempe enak lainnya. Sayur lodeh adalah salah satu jenis sayur yang sering disajikan oleh ibu rumah tangga.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur lodeh, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sayur lodeh yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur lodeh yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur lodeh memakai 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sayur lodeh:
  1. Siapkan paket sayuran lodeh
  2. Gunakan santan kara
  3. Sediakan bumbu racik sayur lodeh
  4. Siapkan Bumbu iris dan penyedap
  5. Ambil cabai hijau besar
  6. Gunakan cabai merah
  7. Gunakan bawang putih
  8. Siapkan bawang merah
  9. Sediakan daun bawang
  10. Sediakan daun salam
  11. Siapkan jempol lengkuas
  12. Gunakan royco
  13. Sediakan gula
  14. Sediakan air

Eggplant, jackfruit, melinjo, long beans, and carrots are the most common vegetables used in the dish. Sayur lodeh is an Indonesian vegetable soup prepared from vegetables in coconut milk popular in Indonesia, but most often associated with Javanese cuisine. Sayur lodeh menjadi kreasi makanan bersantan yang patut dicoba di rumah. Sayur lodeh merupakan aneka campuran berbagai sayur yang dimasak dengan tambahan kuah santan berbumbu.

Cara membuat Sayur lodeh:
  1. Bersihkan sayuran, didihkan air
  2. Cuci dan potong sayuran serta bumbu iris
  3. Masukkan sayuran yg teksturnya keras terlebih dahulu sampai setengah empuk, lalu bumbu iris, lalu sayuran yg teksturnya mudah lembut
  4. Masukkan santan, bumbu racik dan bumbu penyedap lainnya, tunggu sayuran matang, icip rasa dan sajikan

Sajian sayur bersantan ini sangat gurih, segar, namun rasanya ringan. Berbagai macam isian sayuran menjadi bahan utama dari sayur lodeh ini. Ada irisan kacang panjang, labu siam, wortel, terong. Resep Sayur Lodeh - Salah satu makanan rumahan paling populer dan dikenal adalah lodeh. Santapan yang berasal dari daerah Jawa Tengah ini memiliki rasa menyegarkan serta dengan variasi.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur lodeh yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved