Resep Ketan goreng a.k.a ulen, Bikin Ngiler

Gordon Vargas   05/11/2020 07:13

Ketan goreng a.k.a ulen
Ketan goreng a.k.a ulen

Anda sedang mencari ide resep ketan goreng a.k.a ulen yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ketan goreng a.k.a ulen yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ketan goreng a.k.a ulen, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ketan goreng a.k.a ulen enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Ulen Ketan Goreng enak lainnya. Enjoy the videos and music you love, upload original content, and share it all with friends, family, and the world on YouTube. Ulen ketan itu terbuat dari beras ketan yang dimasak, lalu setelah jadi nasi ditumbuk dan di cetak berbentuk pipih.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan ketan goreng a.k.a ulen sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Ketan goreng a.k.a ulen memakai 3 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ketan goreng a.k.a ulen:
  1. Siapkan 2 kg beras ketan
  2. Siapkan 3 sdm garam
  3. Gunakan 250 gram kelapa parut

Tetapi dimakan langsung pun tidak masalah, itu sesuai selera kamu ya! Ulen ketan bisa disimpan di dalam kulkas jika tidak segera disajikan karena camilan khas Sunda yang satu ini bisa tahan sampai satu minggu lho! Cara membuat: - Campur labu kuning dan tepung ketan tambahkan air sedikit demi sedikit, ulen ringan dengan tangan hingga bisa dipulung Ulen adalah salah satu makanan Urang Sunda diantara banyak makanan tradisional lain yang dikenal di Tanah Pasundan, seperti opak, ranginang, wajit, awug, nagasari, putri noong, angleng, dan lain sebagainya. Ulen ini terbuat dari campuran beras ketan putih, kelapa parut, dan garam.

Cara menyiapkan Ketan goreng a.k.a ulen:
  1. Cuci bersih beras. Campur beras dengan kelapa parut dan garam, beri air seruas jari. Masak memakai rice cooker
  2. Setelah matang, angkat selagi panas, masukan baskom, lalu uleni hingga kalis. Beras Ketan menyatu melekat sempurna 😂 saya menggunakan halu (sundanese) yg dilapisi plastik. Koreksi rasa, kalo dirasa kurang asin,boleh tambahkan garam sesuai selera.
  3. Setelah kalis, bentuk adonan menjadi pipih, tipiskan. Boleh simpan di lemari es dlm bentuk besar atau kalo mau langsung digoreng potong2 sesuai selera
  4. Taburi ulen dengan sedikit tepung terigu, agar ulen tidak menempel satu sama lain. Panaskan minyak dan goreng hingga matang.

Cara membuatnya ditanak seperti membuat nasi. Setelah matang baru dicampur dengan parutan kelapa, dan garam. Makanan khas Nusantara dari jenis kue tradisional, banyak menggunakan tepung ketan. Perpaduan rasa manis dan gurih, serta tekstur kenyalnya sering kali membuat lidah ketagihan. Apalagi bila disantap sembari bersantai, ditemani secangkir teh hangat atau kopi.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat ketan goreng a.k.a ulen yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved