Cara Gampang Menyiapkan Uli ketan goreng, Bisa Manjain Lidah

Jacob Christensen   02/10/2020 16:37

Uli ketan goreng
Uli ketan goreng

Sedang mencari inspirasi resep uli ketan goreng yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal uli ketan goreng yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Buka kulkas, ada sedikit kelapa sangrai dan sedikit santan. Ngga pake lama mikirnya, bikin uli goreng wae. Here is how you achieve it.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari uli ketan goreng, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan uli ketan goreng yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan uli ketan goreng sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Uli ketan goreng menggunakan 4 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Uli ketan goreng:
  1. Gunakan 1 liter ketan putih
  2. Gunakan 1/2 kelapa parut
  3. Ambil Garam(secukupnya)
  4. Gunakan Air(secukupnya dikit aja ya)

Uli ketan adalah salah satu jajanan jadul yang terbuat dari beras ketan. Jajanan ini berasal dari Betawi, dan disajikan saat proses mengiringi pemotongan kerbau sebagai tradisi menjelang lebaran. Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni dengan cara ditanak dan ditumbuk hingga teksturnya kenyal. Pembuatan ketan uli memiliki makna mendalam dalam budaya masyarakat Betawi, yaitu sebagai simbol kekeluargaan atau silaturahmi yang terjalin antarkeluarga. makanan ini banyak tersaji waktu perayaan keagamaan seperti Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha.

Langkah-langkah membuat Uli ketan goreng:
  1. Cuci bersih ketan rendam ketan semalaman
  2. Lalu kukus kurang lebih 20 menit angkat ketan
  3. Lalu kasih kelapa parut, air, garam aduk lalu kukus lg kurang lebih 30 menit.tumbuk hingga alus
  4. Angkat ketan lalu taru di nampan kotak ratakan
  5. Setelah dingin potong potong lalu goreng

Resep Uli Ketan Sudah turun temurun dan hasilnya biasanya juna goreng, Resep Uli Ketan Bakar Kenyal Sederhana Enak. Uli adalah resep jajanan yang dibuat dari ketan yang dikukus kemudian di bakar, di oven, di goreng, atau dibakar di teflon tanpa minyak sehingga jadilah uli ketan bakar, uli ketan goreng, dan uli ketan yang enak. Uli ketan selain bisa dibakar atau dipanggang bisa juga digoreng yang tidak suka berminyak, mungkin lebih cocok dengan uli bakar atau ketan bakar sambal oncom dan taburan serundeng. Banyak sekali penjual uli ketan bakar dan uli ketan goreng di sekitar Alun alun Bandung. Tapai uli is a roasted block of bland-tasted ketan or pulut (glutinous rice) served with sweet tapai ketan or tapai pulut.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat uli ketan goreng yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved