Resep Soto tangkar sapi yang Enak

Philip Mendoza   01/12/2020 03:01

Soto tangkar sapi
Soto tangkar sapi

Lagi mencari ide resep soto tangkar sapi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto tangkar sapi yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto tangkar sapi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan soto tangkar sapi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Soto tangkar is another soto from Betawi. Tangkar means beef ribs in Betawi language, and hence soto tangkar always uses beef ribs as its main ingredient. Soto Tangkar Daging Sapi enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan soto tangkar sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Soto tangkar sapi menggunakan 19 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Soto tangkar sapi:
  1. Ambil 1 kg tulang iga
  2. Gunakan 3 buah wortel
  3. Siapkan bumbu :
  4. Siapkan 8 siung bawang merah
  5. Siapkan 5 siung bawang putih
  6. Ambil 1 ruas jahe
  7. Siapkan 1 ruas kunyit
  8. Gunakan 1 ruas lengkuas
  9. Ambil 2 batang sereh
  10. Sediakan 3 lembar salam
  11. Siapkan 3 lembar daun jeruk
  12. Gunakan 1/2 sdt lada
  13. Ambil 1/2 sdt ketumbar
  14. Gunakan 3 butir kemiri
  15. Siapkan 1 buah tomat
  16. Ambil 1 buah jeruk nipis
  17. Gunakan 1 sdt garam
  18. Gunakan 1/2 sdt gula pasir
  19. Gunakan 1/2 sdt penyedap

Pada masa itu, para penjajah biasanya memotong sapi ketika mereka berpesta. Akan tetapi, mereka tidak menggunakan semua bagian sapi. Salah satu bagian yang disisakan adalah iga sapi. Nama tangkar sendiri adalah sebutan untuk iga sapi dalam bahasa Betawi pada zaman penjajahan Belanda dan sampai sekarang masih dipergunakan, meskipun sudah jarang diketahui oleh generasi saat ini.

Langkah-langkah membuat Soto tangkar sapi:
  1. Cuci bersih tulangan. Lalu rebus drngan perasan jeruk nipis, buang busa busa yg keluar.
  2. Untuk semua bumbu di gongseng tanpa minyak sampai harum, lalu ulek sampai halus
  3. Setelah daging matang masukan batang sereh, daun salam dan daun jeruk lalu masukan potongan wortel
  4. Setelah wortel setengah matang masukan bumbu yg sudah diulek tambahkan penyedap, garam, gula, koreksi rasa
  5. Tambahkan, potongan tomat, daun bawang atau bawang goreng (sesuai selera)

Menurut sejarahnya, pada zaman penjajahan Belanda, ketika para meneer belanda akan mengadakan pesta, mereka biasanya memotong sapi untuk pesta tersebut. Ikuti resep soto tangkar iga sapi khas Betawi dengan kuah yang gurih bercampur pedas ini untuk hidangan nikmat dan spesial. Masakan Khas Betawi, Bogor, Jakarta, Karawang. Mirip dengan Soto Betawi tetapi berkuah pedas. Keduanya sama-sama khas Betawi dan menambahkan santan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Soto tangkar sapi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved