Resep Soto Betawi Daging Sapi, Enak Banget

Rosalie Barrett   01/12/2020 14:54

Soto Betawi Daging Sapi
Soto Betawi Daging Sapi

Sedang mencari ide resep soto betawi daging sapi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi daging sapi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto betawi daging sapi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan soto betawi daging sapi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Resep Soto Daging Sapi Santan Khas Betawi Kuah soto yang gurih dan bumbu soto daging betawi yang kaya rempah ini terkadang menggunakan susu segar atau memakai santan, serta bisa juga perpaduannya. Sedangkan daging sapi beserta jeroan sapi merupakan salah satu bahan utama yang biasa digunakan. Selain ciri khas tersebut, soto betawi juga menggunakan potongan daging sapi lengkap dengan jeroan sebagai isian layaknya soto Madura dan juga soto Sulung.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan soto betawi daging sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Soto Betawi Daging Sapi menggunakan 23 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Soto Betawi Daging Sapi:
  1. Gunakan 300 gr daging sapi cuci bersih lalu potong dadu
  2. Siapkan 2 batang serai (geprek)
  3. Sediakan 6 lembar daun jeruk
  4. Siapkan 4 lembar daun salam
  5. Sediakan 2 butir kapulaga
  6. Gunakan 4 butir cengkeh
  7. Gunakan 2 batang kayu manis
  8. Gunakan 2 blok kaldu sapi (saya pake maggie kaldu blok)
  9. Siapkan 100 ml santan (20ml santan kara + air)
  10. Gunakan 6 sdt gula pasir
  11. Ambil 1 sendok teh garam
  12. Sediakan Bumbu halus :
  13. Gunakan 11 siung bawang merah
  14. Sediakan 8 siung bawang putih
  15. Sediakan 1/2 sdt jinten
  16. Gunakan 4 butir kemiri
  17. Sediakan 6 buah cabe kriting
  18. Siapkan 4 buah cabe rawit
  19. Gunakan 1 ruas kunyit
  20. Gunakan 1 ruas lengkuas
  21. Sediakan 1 ruas jahe
  22. Siapkan 1 sdt lada bubuk
  23. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk

Soto Betawi Makanan khas Betawi yang satu ini punya rasa gurih, creamy dari santan yang berpadu dengan daging sapi bisa menjadi salah satu santapan untuk menghangatkan tubuh. Yang mempopulerkan dan pertama memakai kata Soto Betawi adalah penjual soto di THR Lokasari. Selain daging sapi, jeroan seperti paru, usus, dan babat juga digunakan sebagai bahan baku soto ini. Aku udah sering buat soto ini.karena memang keluarga di rumah pada suka.

Cara menyiapkan Soto Betawi Daging Sapi:
  1. Rebus potongan daging sampe empuk lalu ambil 500ml air rebusan ditambah 2blok kaldu sapi
  2. Tumis sereh, daun salam dana daun jeruk sampe keluar aroma lalu masukan bumbu halus aduk" sampe wangi
  3. Masukan daging sapi yg sudah di rebus lalu masukan air kaldu, santan, kapulaga, kayu manis dan cengkih beri gula dan garam
  4. Masak jgn sampe santan pecah ya,, llu koreksi rasa
  5. Setalah matang bisa ditambahkan daun bawang, telur dan teman" nya.. Ini saya ga pake tambahan itu semua krn suami minta cuma pire daging aja

Berbagai resep soto Betawi udah aku coba. Soto betawi adalah salah satu varian masakan soto yang cukup disukai oleh banyak orang di seluruh nusantara. Soto betawi terkenal dengan rasa kuahnya yang gurih merupakan perpaduan dari santan susu, daging sapi, dan jeroan. Terbuat dari Daging sapi sengkel atau bisa juga dengan Jerohan Sapi. Terutama, saat cuaca dingin akibat musim hujan seperti saat ini.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Soto Betawi Daging Sapi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved