Langkah Mudah untuk Menyiapkan Soto Tangkar Iga Sapi ala Betawi, Bisa Manjain Lidah

Mario Rios   10/12/2020 20:17

Soto Tangkar Iga Sapi ala Betawi
Soto Tangkar Iga Sapi ala Betawi

Sedang mencari ide resep soto tangkar iga sapi ala betawi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto tangkar iga sapi ala betawi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto tangkar iga sapi ala betawi, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan soto tangkar iga sapi ala betawi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Resep Soto Tangkar Iga Sapi ala Betawi. Ini enak bangettt, bahkan anak-anak juga suka padahal mereka picky sekali. Wajib disajikan dgn pelengkapnya supaya komplit rasanya Soto Tangkar Iga Sapi ala Betawi.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan soto tangkar iga sapi ala betawi sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Soto Tangkar Iga Sapi ala Betawi memakai 32 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Soto Tangkar Iga Sapi ala Betawi:
  1. Ambil 1 kg iga sapi
  2. Sediakan 1 liter air,rebusan pertama,buang
  3. Sediakan 1,5 liter,rebusan kedua
  4. Gunakan 300-500 ml santan
  5. Sediakan 2 buah kentang,potong
  6. Siapkan 3 batang daun bawang,potong
  7. Ambil 3 lembar daun salam
  8. Siapkan 4 lembar daun jeruk
  9. Gunakan 2 batang serai,geprek
  10. Gunakan 5 cm lengkuas,geprek
  11. Ambil 2 blok kaldu maggi sapi
  12. Sediakan 1 sdt gula pasir
  13. Siapkan secukupnya Garam
  14. Siapkan Minyak untuk menumis
  15. Siapkan Bumbu halus :
  16. Ambil 12 siung bawang merah
  17. Sediakan 5 siung bawang putih
  18. Gunakan 3 cabe merah besar
  19. Sediakan 5 biji kemiri,sangrai
  20. Gunakan 1 sdm ketumbar,sangrai
  21. Sediakan 1/2 sdt merica biji
  22. Sediakan 1 sdt jinten bubuk
  23. Ambil 2 cm kunyit
  24. Ambil 2 cm jahe
  25. Sediakan 1 1/2 jempol gula aren
  26. Ambil Pelengkap :
  27. Gunakan Bawang merah goreng
  28. Ambil Emping melinjo,goreng
  29. Gunakan Sambal soto
  30. Sediakan Jeruk nipis
  31. Siapkan Tomat,potong
  32. Sediakan Daun seledri,potong halus

Akan tetapi, mereka tidak menggunakan semua bagian sapi. Salah satu bagian yang disisakan adalah iga sapi. Pertama, rebus iga sapi hingga airnya mendidih. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, masukkan lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan serai.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Tangkar Iga Sapi ala Betawi:
  1. Cuci iga sapi,rebus pertama 5 menit,buang airnya,rebus kembali yang kedua hingga empuk,jika air berkurang,boleh tambahkan.
  2. Siapkan bahan bumbu dan pelengkap lainnya,haluskan bumbu.
  3. Tumis bumbu halus,serai,lengkuas,daun jeruk,daun salam hingga wangi,masukan bumbu kepanci rebusan iga dan masukan juga kentang,biarkan mendidih,agar bumbu resap, dan kentang empuk.
  4. Tambahkan santan,gulpas,garam,kaldu maggi,biarkan santan mendidih beberapa saat,masukan daun bawang,didihkan sebentar,koreksi rasa dan matikan api.
  5. Tata soto tangkar iga dimangkok,irisan tomat,tuangkan kuahnya,kasih atasnya daun seledri,taburi bawang merah goreng,dan jangan lupa emping melinjo,sambal dan jeruk nipisnya juga sebagai pelengkap.
  6. Soto Tangkar Iga Sapi ala Betawi siap disajikan.

Masukkan ke dalam kaldu iga, tambahkan santan, susu, dan bubuk kaldu sapi. Soto tangkar is another soto from Betawi. Tangkar means beef ribs in Betawi language, and hence soto tangkar always uses beef ribs as its main ingredient. Back in the old colonial days, whenever a party was held by the Dutch, a whole cow would be cut and some of the lesser choice cuts would be distributed to the locals, and the ribs were such cuts. Sejarahnya, soto tangkar sudah ada dari zaman penjajahan belanda.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Soto Tangkar Iga Sapi ala Betawi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved