Langkah Mudah untuk Menyiapkan Soto Oseng Daging Sapi Betawi, Sempurna

Lou Curtis   16/07/2020 02:29

Soto Oseng Daging Sapi Betawi
Soto Oseng Daging Sapi Betawi

Sedang mencari inspirasi resep soto oseng daging sapi betawi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto oseng daging sapi betawi yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Soto Betawi Oseng Daging Sapi ala H. Lebih sehat dan lebih irit 🤩 Resep ini sy recook dari akun CP mba #Lidya, dan sudah saya. Setiap kali lewat daerah Serpong, Tangerang, Saya suka sekali makan soto ini.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto oseng daging sapi betawi, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan soto oseng daging sapi betawi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat soto oseng daging sapi betawi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Soto Oseng Daging Sapi Betawi memakai 28 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Soto Oseng Daging Sapi Betawi:
  1. Sediakan 250 gram daging wagyu
  2. Siapkan Bumbu Halus Soto
  3. Sediakan 5 siung bawang merah
  4. Gunakan 3 siung bawang putih
  5. Ambil 1/2 sdt ketumbar
  6. Sediakan 1 buah kemiri
  7. Sediakan 1/2 sdt jinten
  8. Ambil 1/4 sdt pala bubuk
  9. Gunakan Bahan Lain Soto
  10. Sediakan 1/2 ruas jahe geprek
  11. Ambil 3 daun salam
  12. Gunakan 5 daun jeruk
  13. Gunakan 3 cengkeh
  14. Gunakan 1/2 ruas lengkuas geprek
  15. Gunakan 400 ml santan kental
  16. Gunakan 300 ml susu cair
  17. Gunakan 1 sdm minyak samin
  18. Sediakan Secukupnya garam
  19. Ambil Secukupnya bubuk kaldu jamur
  20. Sediakan 1,5 L air
  21. Siapkan 2 buah kentang rebus
  22. Siapkan Bahan Oseng
  23. Gunakan 1 buah tomat potong kotak
  24. Gunakan Secukupnya bawang merah diiris halus
  25. Ambil Secukupnya daging
  26. Siapkan Secukupnya kecap manis
  27. Ambil Secukupnya cabai rawit diiris halus
  28. Gunakan Secukupnya kuah soto

Resep Soto Betawi - Soto Betawi merupakan makanan yang biasa kita jumpai sehari-hari di pedagang kaki lima maupun rumah makan besar khususnya di Jakarta. Hidangan ini merupakan salah satu menu favoritnya banyak orang karena kuahnya yang enak dan segar. Soto betawi biasanya di santap pada jam makan siang, makan malam, maupun di kala sedang musim hujan. Isiannya daging sapi berlemak dan paru menambah gurih rasanya.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Oseng Daging Sapi Betawi:
  1. Rebus daging dengan 1,5 L air sampai daging empuk.
  2. Siapkan bumbu halus, tumis bumbu halus, jahe, lengkuas, daun salam, cengkeh, dan daun jeruk sampai harum dan bumbu matang.
  3. Masukkan bumbu yang sudah ditumis pada kuah soto. Aduk rata. Tambahkan garam dan bubuk kaldu jamur.
  4. Masukkan santan, aduk terus jangan sampai pecah santannya.
  5. Setelah kuah mendidih, masukkan minyak samin, aduk rata. Matikan kompor.
  6. Keluarkan daging, lalu potong kotak/sesuai selera. Untuk menumis, panaskan minyak samin, masukkan bawang merah dan rawit, tumis sampai harum. Masukkan kecap, dan kuah 1 centong. Aduk sampai kuah menyusut, masukkan tomat potong. Aduk sebentar. Sajikan dengan kuahnya dan kentang rebus.

Soto Betawi dikenal dengan kuah santan dan kuah susu segar. Kuah susu segar merupakan adaptasi kuliner Arab, Smeentara. Yang mempopulerkan dan pertama memakai kata Soto Betawi adalah penjual soto di THR Lokasari. Selain daging sapi, jeroan seperti paru, usus, dan babat juga digunakan sebagai bahan baku soto ini. NOVA.id - Soto betawi adalah hidangan khas Jakarta yang selalu terasa istimewa ketika disantap.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Soto Oseng Daging Sapi Betawi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved