Resep Soto Betawi Sapi Santan ala ala ๐Ÿ˜, Menggugah Selera

Leo Carroll   14/07/2020 10:53

Soto Betawi Sapi Santan ala ala ๐Ÿ˜
Soto Betawi Sapi Santan ala ala ๐Ÿ˜

Lagi mencari ide resep soto betawi sapi santan ala ala ๐Ÿ˜ yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi sapi santan ala ala ๐Ÿ˜ yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi sapi santan ala ala ๐Ÿ˜, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan soto betawi sapi santan ala ala ๐Ÿ˜ yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Resep Soto Betawi Sapi Santan ala ala ๐Ÿ˜. Lihat juga resep Soto Sapi Santan Segerrr๐Ÿฎ enak lainnya. Lihat juga resep Soto Betawi daging sapi enak lainnya.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto betawi sapi santan ala ala ๐Ÿ˜ yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Soto Betawi Sapi Santan ala ala ๐Ÿ˜ menggunakan 25 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Soto Betawi Sapi Santan ala ala ๐Ÿ˜:
  1. Ambil 500-600 gr daging sapi
  2. Gunakan 1 lt air
  3. Ambil 400 ml santan sedang (coconut milk kaleng)
  4. Gunakan Bahan halus ;
  5. Sediakan 5 bawang merah
  6. Gunakan 2 bawang putih
  7. Ambil 2 butir kemiri sangrai
  8. Gunakan 1/4 sdt kayu manis bubuk
  9. Gunakan 1/2 sdt ketumbar bubuk
  10. Siapkan 1/4 sdt merica bubuk
  11. Ambil 1/2 sdt jintan bubuk
  12. Gunakan Secukupnya garam & gula
  13. Siapkan Sedikit minyak untuk menumis
  14. Gunakan Bahan Tambahan ;
  15. Ambil 1 lembar daun salam
  16. Sediakan 2 buah star anise / bunga lawang
  17. Ambil 1-2 batang Serai dan daun jeruk (saya skip)
  18. Ambil Pelengkap ;
  19. Siapkan Jeruk nipis/ limau
  20. Ambil Tomat potong potong
  21. Ambil Kol potong potong
  22. Ambil Bawang goreng (saya kosong)
  23. Siapkan Daun bawang potong potong (saya ga kephoto ๐Ÿ™ˆ)
  24. Ambil Emping goreng
  25. Ambil Sambal cabe (rebus rawit merah&1 siung bawang putih,tiriskan lalu tambah sejumput kecil garam haluskan)

Nanti hasilnya jadi olahan soto betawi santan tanpa susu. Sajikan selagi hangat untuk rasa soto yang super nikmat. Daging dan jeroan sapi bisa diganti ayam, kreasi soto betawi dengan potongan ayam ini disebut resep soto betawi ayam. Kemudian penggunaan santan dan susu juga bisa di skip, sehingga menjadi olahan resep soto betawi bening.

Cara membuat Soto Betawi Sapi Santan ala ala ๐Ÿ˜:
  1. Rebus daging sapi hingga empuk, saya tidak dibuang air rebusan pertama hanya dibuang lemak yg mengapung. Setelah empuk dan berkurang airnya (1/2 nya), potong tipis tipis dagingnya kemudian masukkan kembali kedalam air rebusan, kecilkan api sambil siapkan bahan yg akan dihaluskan/diblender.
  2. Haluskan / blender semua bahan halus, saya blender tambahkan minyak sekalian jadi waktu menumis tinggal dituang ke wajan.
  3. Tumis bahan halus tambahkan star anise (bunga lawang) dan daun salam, serai dan daun jeruk (jika ada) sampai harum
  4. Masukkan tumisan bumbu kedalam air rebusan daging, cek api (kembalikan ke api sedang) Tunggu mendidih dan bumbu meresap. tes rasa sebelum masuk santan.
  5. Masukkan santan, sambil diaduk pelan agar santan tidak pecah… setelah mendidih sekitar 5 menit, tes rasa terakhir dan matikan api. Kuah Soto Betawi sudah ready ๐Ÿ˜
  6. Tata dalam mangkok potongan kol, tomat kemudian tuang kuah Soto beserta dagingnya, hidangkan bersama nasi putih terpisah, dan bahan pelengkap (sambal, jeruk limau/nipis, emping goreng, bawang goreng, daun bawang potong). Ada juga yg ditambah potongan kentang goreng, monggo kerso yaaa โ˜บ๏ธ๐Ÿ™๐Ÿป. Mari makaaaannn ๐Ÿฝ

Sahabat NOVA yang masih bingung mau masak apa, bisa coba resep mudah bikin soto betawi ala Susu Evaporasi Tiga Sapi ini. Resep ini menggunakan Susu Evaporasi Tiga Sapi yang dipadu bersama santan, sehingga menambah rasa gurih dan harum yang bikin ngiler. Kebetulan anak-anak emang suka segala soto -sotoan, kalo dimasakin soto pasti makannya banyak dan gak protes siang ama malem makan menu yang sama. Lihat juga resep Soto Daging bersantan enak lainnya. KOMPAS.com - Di pagi hari cocok menyantap makanan hangat dan berkuah seperti soto.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Soto Betawi Sapi Santan ala ala ๐Ÿ˜ yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved