Resep Soto Daging/Ayam ala Betawi yang Bikin Ngiler

Mattie Dean   09/07/2020 01:04

Soto Daging/Ayam ala Betawi
Soto Daging/Ayam ala Betawi

Anda sedang mencari inspirasi resep soto daging/ayam ala betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto daging/ayam ala betawi yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Soto Betawi (daging&tulang ayam) enak lainnya. Kenikmatan Soto Betawi yang pas di lidah banyak orang membuat soto ini menjadi salah satu soto andalan masyarakat Betawi. Variasi soto ini pun semakin banyak sesuai dengan selera masing-masing, mulai dari Soto Betawi Susu, Soto Betawi Ayam, Soto Betawi Daging Sapi, Soto Betawi Santan, dan masih banyak lagi.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto daging/ayam ala betawi, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan soto daging/ayam ala betawi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto daging/ayam ala betawi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Soto Daging/Ayam ala Betawi memakai 36 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Soto Daging/Ayam ala Betawi:
  1. Sediakan 500 gram daging sapi / ayam
  2. Sediakan 2 liter air
  3. Siapkan 1 sachet susu bubuk (dancow putih)
  4. Ambil 250 gram kentang
  5. Sediakan 1 buah tomat
  6. Siapkan Bumbu Halus*
  7. Ambil 10 siung bawang merah
  8. Siapkan 5 siung bawang putih
  9. Sediakan 1 sdt merica butiran
  10. Siapkan Sambal Kacang*
  11. Sediakan 50 gram kacang tanah
  12. Siapkan 15 buah cabai rawit merah
  13. Sediakan 5 buah cabai merah keriting
  14. Ambil Sambal Rebus*
  15. Ambil 1 siung bawang putih
  16. Sediakan 10 buah cabai rawit merah
  17. Gunakan Acar*
  18. Gunakan 1 buah timun, potong dadu
  19. Siapkan 1 buah wortel, potong dadu
  20. Gunakan 2 siung bawang merah
  21. Siapkan 5 buah cabai rawit merah/hijau
  22. Ambil 2 sdm gula pasir
  23. Ambil 1/2 sdt garam
  24. Gunakan 1 sdm cuka
  25. Ambil Bumbu Lainnya*
  26. Gunakan 6 lembar daun jeruk
  27. Gunakan 2 batang serai
  28. Sediakan 2 butir kapulaga
  29. Sediakan 1 butir kembang lawang
  30. Ambil 1 batang kayu manis
  31. Siapkan 1 sdt garam
  32. Sediakan 1 sdt gula pasir
  33. Ambil 1 sdt kaldu bubuk daging sapi/ayam
  34. Ambil Taburan*
  35. Gunakan 4 batang daun bawang + seledri
  36. Siapkan secukupnya bawang goreng

Taburi kuah soto dengan daun bawang dan bawang goreng untuk taburan oseng daging. Soto Betawi oseng daging yang nikmat, siap untuk kamu nikmati dengan nasi hangat. Nah, buat kamu yang sedang mencari resep soto Betawi, dan ingin mencoba memasaknya di rumah. nggak usah bingung. Kamu bisa memanfaatkan bumbu-bumbu rempah yang ada di dapur serta pengolahannya pun mudah.

Langkah-langkah membuat Soto Daging/Ayam ala Betawi:
  1. Rebus daging/ayam dengan 2 liter air hingga empuk.,,, untuk air rebusan daging, sebelum dimasukkan tumisan bumbu halus, tambahkan air lagi hingga mencapai 2 liter lalu didihkan lagi, krn pasti air akan berkurang,,, kl untuk air rebusan ayam tidak perlu tambah air lagi.
  2. Haluskan bumbu halus, lalu tumis hingga harum & matang, tambahkan daun jeruk + serai,,, masukkan ke rebusan daging/ayam yang telah empuk, tambahkan kapulaga + kembang lawang + kayu manis + garam + gula pasir + kaldu bubuk sapi/ayam.,,, masak beberapa saat.
  3. Keluarkan daging/ayam lalu goreng,,, tes rasa pada kuah soto lalu tambahkan larutan susu (200 ml air panas + 1 sachet susu bubuk),,, aduk rata & tes rasa lagi, matikan kompor,,, ini kuah versi daging sapi.
  4. Ini kuah versi ayam.
  5. Sambal Kacang : goreng kacang tanah hingga matang lalu haluskan, sisihkan,,,, haluskan cabai lalu tumis hingga matang tambahkan kacang tanah yang telah dihaluskan, aduk rata sebentar saja, angkat, letakkan di wadah.
  6. Sambal Rebus : rebus bawang + cabai hingga matang lalu haluskan, letakkan pada wadah & tambahkan air rebusan tadi secukupnya.
  7. Acar : potong dadu wortel & timun, iris cabai + bawang merah,,, campur semua bahan tambahkan gula putih + garam + cuka,,, aduk rata, diamkan selama 1 jam.
  8. Iris kentang bentuk dadu / iris tipis (sesuai selera) lalu goreng hingga matang, kl aku suka digoreng agak garing.,,,,, tomat potong dadu,,,, iris daun bawang + seledri.
  9. Cara Penyajian : siapkan mangkuk, isi dengan kentang goreng + daging/ayam goreng + tomat iris + sambal kacang + sambal rebus + daun bawang seledri + bawang goreng + siram dengan kuahnya,,, sajikan,,, Selamat Mencoba 😃

Yang mempopulerkan dan pertama memakai kata Soto Betawi adalah penjual soto di THR Lokasari. Selain daging sapi, jeroan seperti paru, usus, dan babat juga digunakan sebagai bahan baku soto ini. Aku udah sering buat soto ini.karena memang keluarga di rumah pada suka. Berbagai resep soto Betawi udah aku coba. Daging dan jeroan sapi bisa diganti ayam, kreasi soto betawi dengan potongan ayam ini disebut resep soto betawi ayam.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat soto daging/ayam ala betawi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved