Bagaimana Membuat SOTO / SROTO SOKARAJA ala dapurVY (#pr_soto) Anti Gagal

Dorothy Becker   08/09/2020 09:40

SOTO / SROTO SOKARAJA ala dapurVY (#pr_soto)
SOTO / SROTO SOKARAJA ala dapurVY (#pr_soto)

Anda sedang mencari ide resep soto / sroto sokaraja ala dapurvy (#pr_soto) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto / sroto sokaraja ala dapurvy (#pr_soto) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto / sroto sokaraja ala dapurvy (#pr_soto), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan soto / sroto sokaraja ala dapurvy (#pr_soto) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Soto Ayam Bening praktis pakai bumbu dari sajiku soto ayam. Resep soto ayam gurih seger dan yummi yummi ala kreasi dapurku. Hari ini dapat challenge dari Yodha.untuk membuat Sroto Sokaraja ala warung yang pas di Purwokerto kita makan.karena dia suka rasanya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan soto / sroto sokaraja ala dapurvy (#pr_soto) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan SOTO / SROTO SOKARAJA ala dapurVY (#pr_soto) menggunakan 32 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan SOTO / SROTO SOKARAJA ala dapurVY (#pr_soto):
  1. Gunakan 1/2 ekor Ayam, potong2
  2. Siapkan 2 liter Air
  3. Siapkan 2 cm jahe, geprek
  4. Ambil 1 lembar Daun salam
  5. Siapkan 1 buah Serai, geprek
  6. Sediakan 3 cm Laos, geprek
  7. Sediakan 1/2 sdm Garam
  8. Gunakan 1 sdt Kaldu ayam bubuk
  9. Ambil 🍲Bumbu halus :
  10. Ambil 8 siung Bawang putih
  11. Sediakan 5 siung Bawang merah
  12. Sediakan 4 butir Kemiri
  13. Sediakan 1/2 sdt Merica butiran
  14. Gunakan 2 cm Kunyit (optional)
  15. Siapkan 🍲Bahan pelengkap :
  16. Ambil Ketupat
  17. Sediakan Secukupnya Soun, seduh air panas
  18. Siapkan Secukupnya Toge pendek, rebus sebentar
  19. Ambil Secukupnya Daun bawang, iris
  20. Gunakan Secukupnya Daun seledri, iris
  21. Sediakan Secukupnya Bawang goreng
  22. Siapkan Secukupnya Kecap manis
  23. Sediakan Secukupnya Kerupuk warna-ni
  24. Ambil 🍲Bahan sambel kacang :
  25. Ambil 100 gram Kacang tanah
  26. Sediakan 25 buah Cabe rawit merah
  27. Ambil 5 buah Cabe merah keriting
  28. Gunakan 1 siung Bawang putih
  29. Ambil 1 sdm Bawang merah goreng
  30. Gunakan 1 sdt Gula merah
  31. Sediakan 1 sdt Air asam jawa
  32. Siapkan 1/2 sdt Garam

Soto versi Banyumas ini bergabung dengan rekan sebangsanya, yaitu soto betawi, soto madura Selain mendoan, santap ala mbanyumasan akan makin afdal dengan minum dawet gula jawa. Sroto makanan asli dari sokaraja Kab Banyumas,dgn ciri khas kuah kuning bening Tidak menggunakan santan tapi gurih,sambal kacang&disajikan dgn ketupat. Kuah soto Sokaraja menggunakan kaldu ayam atau sapi. Kemudian ditambahkan kunyit untuk mendapatkan warna yang agak kekuningan Di pinggiran jalan Sokaraja, banyak penjual yang menyajikan Soto Sokaraja.

Cara menyiapkan SOTO / SROTO SOKARAJA ala dapurVY (#pr_soto):
  1. Siapkan bahan dan bumbu. Maaf cuma ini yg kefoto😄
  2. Didihkan air, masukkan ayam dan jahe. Rebus smp mendidih dan buang busanya.
  3. Tumis bumbu halus smp harum, masukkan daun salam, serai dan laos, tumis smp layu.
  4. Masukkan tumisan ke kuah soto, beri garam dan kaldu bubuk. Aduk rata, masak smp ayam matang. Test rasa. Angkat ayam, tiriskan, goreng, suwir2 dagingnya.
  5. Sambal : goreng kacang smp matang, tiriskan. Goreng cabe dan bawang putih sebentar, lalu haluskan bersama kacang, bawang goreng, gula merah, garam. Beri air asam, uleg rata. Pindahkan ke wadah (sambal bisa ditambah dg sedikit kuah soto smp kental)
  6. Penyajian : tata di mangkuk ketupat yg sdh dipotong2, soun, toge pendek
  7. Siram kuah, beri 1 sdm sambal (sesuai selera) dan pelengkap lainnya.

Jadi tak perlu khawatir kehabisan tempat ya. Resep Membuat Soto Sokaraja Banyumas Asli Lezat. Resep Membuat Soto Sokaraja Banyumas Asli Lezat - Sebagai warga asli banyumas lagi-lagi kami akan memcoba membagikan resep masakan yang tentunya mempunyai rasa yang enak dan lezat dari. Yang saya tahu, sroto itu sebutan untuk Soto yang aslinya dari daerah Banyumasan (Purwokerto, Sokaraja, dan Banyumas). Yang paling femes tentu adalah Sroto Sokaraja.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat soto / sroto sokaraja ala dapurvy (#pr_soto) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved