Bagaimana Menyiapkan Kue Mangkok Pandan Anti Gagal

Jose Carson   01/12/2020 18:27

Kue Mangkok Pandan
Kue Mangkok Pandan

Anda sedang mencari inspirasi resep kue mangkok pandan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue mangkok pandan yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue mangkok pandan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan kue mangkok pandan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Hari ada temen minta di buat kan apem mangkok pandan. Kue mangkok, kue mangkuk is an Indonesian kue or traditional snack of steamed cupcake. kue mangkok means "bowl/cup cake". It is similar to the snack bolu kukus ("steamed tart/cake").

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kue mangkok pandan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue Mangkok Pandan menggunakan 8 jenis bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Kue Mangkok Pandan:
  1. Ambil gula pasir (sy 125 gr)
  2. Gunakan santan sedang
  3. Gunakan daun pandan,potong"
  4. Ambil tape singkong,buang seratnya, haluskan
  5. Ambil tepung beras
  6. Gunakan tepung terigu protein sedang
  7. Gunakan ragi instan
  8. Gunakan baking powder

Jangan lupa oles permukaannya dengan minyak lalu. Kue mangkok adalah salah satu jajanan tradisional yang tak lekang oleh waktu. Kue ini biasa tampil dengan warna warni cerah dan bercitarasa khas ragi (seperti tape) yang empuk, sedikit kenyal. Kue putu mangkok, kueh tutu, kue putu ayu, or putu piring is a round-shaped, traditional steamed rice Once ready, it is served on pandan leaves to give it a sweet flavor and scent.

Langkah-langkah membuat Kue Mangkok Pandan:
  1. Siapkan semua bahan,timbang sesuai takaran…blender daun pandan+santan,saring sisihkan.
  2. Didihkan gula pasir+campuran air pandan santan,aduk hingga gula larut,tdk perlu sampai mendidih, angkat biarkan hangat.
  3. Dalam wadah lain : Campur tepung beras, tepung terigu dan tape singkong, tuangi dgn air gula santan pandan selagi hangat sambil diaduk hingga rata,licin dan tdk bergerindil,kemudian saring agar tekstur kue lembut hasilnya.
  4. Masukkan ragi instan,aduk rata…
  5. Tutup adonan dgn serbet dan diamkan selama 30 menit
  6. Setelah 30 menit,akan timbul buih tanda adonan sdh terfermentasi…aduk sampai gelembung nya hilang,masukkan baking powder,aduk hingga rata…
  7. Panaskan kukusan bersama cetakan hingga airnya mendidih dan beruap byk (tambahkan 2 lembar daun pandan kedalam air kukusan).Cetakan jgn dioles minyak,krn akan menghambat mekarnya kue…
  8. Tuang adonan kedalam cetakan sampai penuh, kemudian kukus selama 20 menit…(tutup kukusan dibungkus serbet agar airnya tdk menetes kedlm kue yg bisa menyebabkan kue tdk mekar…sy pake klakat,jadi tutup kukusannya tdk perlu dibungkus serbet.Selama mengukus,jgn membuka tutupnya, tunggu sampai waktu yg telah ditentukan agar kue yg dihasilkan bisa maksimal…
  9. Setelah 20 menit,buka tutup kukusan…taraaa hasilnya mekar sempurnah… 😁👌😘
  10. Angkat kue & dinginkan…
  11. Tunggu sampai kue dingin baru keluarkan dari cetakan…cocok untuk teman minum teh atau kopi…😘👌❤️

Membuat kue lumpang sebenarnya cukup mudah dan praktis, hanya saja Anda harus bisa membuat adonan yang lebih sempurna agar tekstur kue ini nantinya. Masih ada tape singkong sisa bikin kue mangkok pandan kmrn.msh ada sisa tepung beras, tepung terigu,gula aren sisa bebikin bubur kacang ijo,dari pd mubazir. eksekusi kue mangkok lagi aja deh. Kue mangkok merupakan salah satu varian dari aneka kue basah khas Indonesia. Aduk terus sampai air menyusut dan gula merah larut. Masukkan cairan gula merah dan pandan ke dalam.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kue Mangkok Pandan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved