Resep Sambal Terong Jengkol, Menggugah Selera

Vernon Rogers   03/10/2020 00:25

Sambal Terong Jengkol
Sambal Terong Jengkol

Anda sedang mencari ide resep sambal terong jengkol yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal terong jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal terong jengkol, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sambal terong jengkol enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Sambal Jengkol adalah Sambal berkuah yang diolah dengan sambal gongso berbahan dasar jengkol kualitas Menu yang terbuat dari terong segar yang dipotong dan dibalur dengan tepung rahasia. Resep ini akan memadukan sambal dengan terong, yang rasanya luar biasa lezat hingga mampu menggugah selera. Made by order, no MSG, no PORK, no LARD.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sambal terong jengkol yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambal Terong Jengkol memakai 11 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sambal Terong Jengkol:
  1. Ambil terong ungu(aku timbang 250 gram)
  2. Gunakan jengkol
  3. Gunakan Bumbu Ulek :
  4. Ambil cabe merah keriting
  5. Sediakan bawang merah
  6. Gunakan bawang putih
  7. Siapkan tomat ukuran kecil
  8. Gunakan Bumbu Lainnya :
  9. Sediakan garam
  10. Siapkan gula pasir
  11. Ambil kaldu bubuk

Resep sambal goreng terong enak praktis. Sambal terong sangat ouler dan memiliki banyak penggemar di daerah jawa. Rasa pedas dan gurihnya membuat lidah tak henti-hentinya bergoyang. Sambal terong campur parutan kelapa, sambal terong campur terasi, sambal terong campur ikan teri atau ikan asin adalah di antara contoh perkembangan sambal terong, campur pete mentah, jengkol.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal Terong Jengkol:
  1. Potong potong terong dan jengkol,cuci bersih lalu goreng hingga matang.
  2. Siapkan bahan bumbu ulek,lalu ulek dengan kehalusan sesuai selera.
  3. Panaskan sedikit minyak,tumis bumbu hingga harum lalu masukkan sedikit air,bumbui garam,gula pasir dan kaldu bubuk,cek rasa.
  4. Masukkan terong dan jengkol dan aduk rata.

RESEP SAMBAL - Nggak lengkap rasanya kalau makan nggak pakai sambal. Sambal seolah menjadi pelengkap yang nggak bisa dipisahkan untuk masyarakat Indonesia. Kemudian, sambal mangga/nanas muda, sambal trasi, sambal belut, sambal tahu/tempe, sambal teri, sambal wader, sambal rempelo ati, sambal jengkol, sambal pete, sambal terong dan sambal cumi. Ada sambal kemangi, teri, terong, bawang, tempe, tomat, bajak, cumi, hingga jengkol. Lalu yang menjadi favorit di sini adalah sambal jengkol, bawang, terasi, dan pete.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sambal terong jengkol yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved