Langkah Mudah untuk Membuat Soto Ayam Sokaraja yang Lezat

Lucinda Berry   18/12/2020 02:48

Soto Ayam Sokaraja
Soto Ayam Sokaraja

Sedang mencari inspirasi resep soto ayam sokaraja yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto ayam sokaraja yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam sokaraja, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan soto ayam sokaraja enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Soto Ayam Ambengan adalah salah satu makanan khas kota Surabaya. Berbeda dengan Soto Ayam dari daerah lainnya di Indonesia, makanan khas Surabaya ini warna kuahnya lebih kuning pekat karena memakai kunir dalam pembuatannya. Soto Ayam Sokaraja merupakan salah satu resep masakan yang khas dari Kota Banyumas, Jawa tengah.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto ayam sokaraja yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Soto Ayam Sokaraja memakai 33 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Soto Ayam Sokaraja:
  1. Gunakan 1/2 ekor ayam, potong 2 bagian, sy 500 gram ayam
  2. Sediakan 2500 ml air
  3. Siapkan 3 lembar daun salam
  4. Ambil 3 cm lengkuas, memarkan
  5. Sediakan 2 cm jahe, memarkan
  6. Ambil Secukupnya garam halus
  7. Gunakan Secukupnya merica bubuk
  8. Gunakan Secukupnya gula pasirminyak untuk menumis
  9. Ambil Bumbu halus:
  10. Sediakan 8 siung bawang putih
  11. Sediakan 4 butir kemiri sangrai
  12. Sediakan 4 cm kunyit
  13. Siapkan 2 cm jahe
  14. Siapkan Bahan pelengkap:
  15. Siapkan 100 gram soun, seduh air panas sebentar
  16. Siapkan 3 butir telur rebus, masing2 potong 4
  17. Sediakan 2 batang daun bawang, iris tipis
  18. Siapkan 2 batang seledri, iris tipis
  19. Sediakan 5 sdm kacang tanah sangrai, cincang kasar
  20. Gunakan 100 gram taoge, seduh air panas sebentar
  21. Sediakan 3 sdm bawang putih iris goreng
  22. Sediakan 100 gram kerupuk merah, remas kasar
  23. Ambil Bahan sambal kacang:
  24. Sediakan 50 gram kacang tanah sangrai, haluskan
  25. Ambil 2 siung bawang merah, haluskan
  26. Sediakan 1 siung bawang putih, haluskan
  27. Sediakan 2 cm kencur, haluskan
  28. Gunakan 3 buah cabe merah keriting, haluskan
  29. Gunakan 1 sdt air asam jawa
  30. Siapkan Sejumput garam
  31. Sediakan 1 sdt gula merah
  32. Gunakan 150 ml air
  33. Sediakan 1 sdm minyak untuk menumis

Resep Soto Ceker Ayam Lezat Khas Surabaya - Meskipun akhir akhir ini ceker alias kaki ayam lebih populer saat diolah sebagai menu masakan pedas, tapi itu bukan satu. Jadi, soto ayam selalu dalam keadaan hangat mengepul. Soto Lamongan dari Bumbu Warung nasi uduk dan soto khas Surabaya yang berlokasi di Jalan Akses Universitas. Kali ini saya ingin berbagi foto saat saya sedang mencicipi soto ayam khas.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Ayam Sokaraja:
  1. Rebus ayam, daun salam, jahe dan lengkuas sampai ayam matang. Angkat ayam, goreng dalam minyak panas lalu suwir2. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga wangi. Masukan ke dalam rebusan ayam. Tambahkan garam, merica dan gula pasir. Masak hingga mendidih.
  3. Buat sambal kacang. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah dan kencur hingga harum. Masukan kacang tanah, air asam, garam dan gula merah. Aduk rata. Lalu tambahkan air. Masak hingga meletup2. Angkat. Dinginkan.
  4. Tata pelengkap dalam mangkuk. Siram dengan kuah soto. Taburi ayam suwir. Sajikan dengan sambal kacang.

Sroto Sokaraja (Hanacaraka:ꦱꦿꦺꦴꦠꦺꦴ ꦱꦺꦴꦏꦫꦗ) adalah soto khas Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Adanya campuran bumbu sambal kacang dan ketupat merupakan ciri khas soto ini. Resep Soto Sokaraja Asli Khas Banyumas. Soto Ayam - Soto ayam adalah salah satu masakan berkuah khas Indonesia yang cukup populer dan sangat diminati oleh masyarakat. Resep Soto Sokaraja Khas Banyumas Purwokerto Sederhana Spesial Asli Enak.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Soto Ayam Sokaraja yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved