Resep Kue Apem Mekar/ Mangkok Mekar Tanpa Tape/ Apam tepung beras Anti Gagal

Victor Johnston   11/09/2020 12:36

Kue Apem Mekar/ Mangkok Mekar Tanpa Tape/ Apam tepung beras
Kue Apem Mekar/ Mangkok Mekar Tanpa Tape/ Apam tepung beras

Lagi mencari inspirasi resep kue apem mekar/ mangkok mekar tanpa tape/ apam tepung beras yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue apem mekar/ mangkok mekar tanpa tape/ apam tepung beras yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue apem mekar/ mangkok mekar tanpa tape/ apam tepung beras, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan kue apem mekar/ mangkok mekar tanpa tape/ apam tepung beras yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kue apem mekar/ mangkok mekar tanpa tape/ apam tepung beras yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Kue Apem Mekar/ Mangkok Mekar Tanpa Tape/ Apam tepung beras memakai 8 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Kue Apem Mekar/ Mangkok Mekar Tanpa Tape/ Apam tepung beras:
  1. Sediakan Tepung beras
  2. Sediakan Tepung terigu
  3. Siapkan santan (Santan kental 65 ml +air)
  4. Gunakan Gula
  5. Gunakan fermipan
  6. Ambil baking powder
  7. Sediakan garam
  8. Gunakan Pewarna makanan
Langkah-langkah membuat Kue Apem Mekar/ Mangkok Mekar Tanpa Tape/ Apam tepung beras:
  1. Siapkan semua bahan. Masak santan hingga panas dan masukan gula, aduk hingga gula meleleh. Diamkan hingga hangat.
  2. Masukkan tepung beras, tepung terigu, garam dan ragi fermipan ke dalam baskom. Aduk rata. Kemudian tuangkan sedikit demi sedikit air santan yg sudah hangat, sambil terus di aduk
  3. Aduk terus sampai tercampur rata dan tidak bergerindil. Tutup baskom dengan kain lap atau penutup apapun kurang lebih 30 menit.
  4. Apabila sudah muncul gelembung2 kecil maka adonan sudah bereaksi dengan ragi. Aduk adonan dan masukkan baking powder. Masukkan pewarna makanan secukupnya
  5. Jangan lupa Panaskan kukusan. Masukkan adonan ke dalam cetakan kue mangkok hingga penuh. Kukus selama kurang lebih 20 menit.
  6. Keluarkan dari cetakan setelah dingin. Kue apem siap disajikan
  7. Tips Penting.. (1)Agar bisa merekah sempurna jangan lupa sebelum mengukus adonan, kukusan harus sudah dipanaskan sampai beruap terlebih dahulu. (2)Pastikan ragi dan baking powder masi fresh. (3)Tidak perlu mengoles cetakan dengan minyak. (4)Adonan di isi penuh ke cetakan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat kue apem mekar/ mangkok mekar tanpa tape/ apam tepung beras yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved