Resep Kue Mangkok Mekar / Apem Tepung Beras Anti Gagal

Estelle Reid   14/11/2020 19:31

Kue Mangkok Mekar / Apem Tepung Beras
Kue Mangkok Mekar / Apem Tepung Beras

Lagi mencari inspirasi resep kue mangkok mekar / apem tepung beras yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue mangkok mekar / apem tepung beras yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue mangkok mekar / apem tepung beras, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan kue mangkok mekar / apem tepung beras enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan kue mangkok mekar / apem tepung beras sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Kue Mangkok Mekar / Apem Tepung Beras memakai 10 bahan dan 12 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Kue Mangkok Mekar / Apem Tepung Beras:
  1. Gunakan gula pasir
  2. Siapkan air
  3. Sediakan tape singkong, haluskan
  4. Gunakan tepung beras
  5. Ambil tepung terigu protein sedang
  6. Ambil ragi instant
  7. Siapkan baking powder
  8. Siapkan pewarna makanan
  9. Siapkan daun pandan
  10. Sediakan cetakan kue
Cara menyiapkan Kue Mangkok Mekar / Apem Tepung Beras:
  1. Rebus air dan gula, aduk hingga larut, segera angkat, tidak usah sampai mendidih.
  2. Campurkan tape, tepung beras dan tepung terigu.
  3. Tuangkan air gula selagi MASIH HANGAT, aduk rata, dan tidak bergerindil.
  4. Tambahkan ragi instan, aduk rata.
  5. Tutup adonan dengan serbet, diamkan selama 30 menit. Adonan akan berbuih dan mengembang 2x lipat.
  6. Tambahkan baking powder, aduk rata hingga buih menghilang.
  7. Sementara itu, kukus cup cetakan, tujuannya supaya suhu cup sama hangatnya dengan suhu adonan.
  8. Panaskan kukusan dengan API BESAR, hingga beruap banyak.
  9. Bagi adonan beberapa bagian, beri warna sesuai selera. Aduk rata. Sebelum kembali berbuih, segera tuang ke dalam cetakan dan segera masukkan ke dalam kukusan yang telah beruap banyak.
  10. Kukus selama 20 menit, dan jangan dibuka tutup. Tutup kukusan dilapisi dengan lap supaya uap air tidak menetes. Angkat dan sajikan.
  11. Note : - aduk harus rata, kalo perlu tape diblender/mixer speed rendah. - pastikan ragi masih aktif, cara mengetesnya dengan mencampurkan ragi ke larutan gula+air hangat, jika berbusa berarti ragi aktif. - gunakan baking powder yang masih ok. - cup cetakan jangan dioles minyak, karena akan menghambat mekarnya kue. - kukusan harus benar2 panas, gunakan API BESAR. - jika adonan mengantri untuk dikukus, biarkan dalam baskom, jangan dituang ke cetakan. - pastikan buih adonan hilang sebelum dituang

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kue mangkok mekar / apem tepung beras yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved