Resep Bolu Talas Lapis Kukus yang Menggugah Selera

Tillie Cortez   01/12/2020 13:04

Bolu Talas Lapis Kukus
Bolu Talas Lapis Kukus

Anda sedang mencari inspirasi resep bolu talas lapis kukus yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu talas lapis kukus yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu talas lapis kukus, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan bolu talas lapis kukus enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan bolu talas lapis kukus sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Bolu Talas Lapis Kukus memakai 18 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Bolu Talas Lapis Kukus:
  1. Gunakan Bahan A
  2. Sediakan 200 g talas bogor, berat setelah dikukus
  3. Ambil 250 ml santan (65ml santan kental + air)
  4. Sediakan Bahan B
  5. Gunakan 150 g tepung terigu
  6. Siapkan 2 sdm susu bubuk
  7. Ambil 2 sdm maizena
  8. Sediakan 1/2 sdt baking powder
  9. Ambil 1/2 sdt vanilli
  10. Siapkan Bahan C
  11. Ambil 200 g margarin, dilelehkan
  12. Sediakan Bahan D
  13. Ambil 3 butir telur
  14. Ambil 150 g gula pasir
  15. Siapkan 1 sdt emulsifier
  16. Sediakan Bahan pelengkap
  17. Gunakan Secukupnya buttercream
  18. Gunakan Secukupnya keju parut
Cara membuat Bolu Talas Lapis Kukus:
  1. Talas yg sudah dikukus diblender dengan santan hingga lembut. Disisihkan.
  2. Disiapkan loyang 20x20cm. Diolesi margarin dan dilapisi baking paper. Disisihkan. - - Dicampur dan diayak terigu, susu bubuk, maizena, baking powder dan vanilli. Disisihkan. - - Dilelehkan margarin, disisihkan. - - Dipanaskan kukusan/klakat.
  3. Dimixer dgn kec.tinggi bahan D sampai putih dan mengembang. Kemudian diturunkan speed mixer, dimasukkan bahan A sampai teraduk rata. Kemudian bahan B. Dimatikan mixer. Dilanjutkan diaduk rata dengan spatula.
  4. Dimasukkan margarin cair, diaduk balik sampai rata. Pastikan jangan sampai ada endapan minyak dibawah adonan. Dibagi 2 adanan. 1bagian diberi pewarna kuning, 1bagian lagi diberi pewarna ungu.
  5. Dimasukkan keloyang adonan kuning, kemudian dikukus selama 20menit dengan api sedang/agak kecil agar lapisan atas tidak bergelombang. Tutup kukusan dilapisi serbet yaaa 😊
  6. Setelah 20menit, dimasukkan adonan ungu. Dikukus lg selama 30menit atau sampai matang. Sebelum diangkat jgn lupa tes tusuk dl yaaa 😊
  7. Diangkat dan didinginkan. Setelah dingin br dikeluarkan dr loyang.
  8. Sajikan. Aq olesi atasnya pake buttercream dan taburi keju parut 😍😍😍
  9. Selamat mencoba 😊

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat bolu talas lapis kukus yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved