Resep Sayur Asem [ Kacang tanah, Timun, Oyong & Kangkung ], Bisa Manjain Lidah

Jonathan Sherman   21/08/2020 04:09

Sayur Asem [ Kacang tanah, Timun, Oyong & Kangkung ]
Sayur Asem [ Kacang tanah, Timun, Oyong & Kangkung ]

Anda sedang mencari ide resep sayur asem [ kacang tanah, timun, oyong & kangkung ] yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem [ kacang tanah, timun, oyong & kangkung ] yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Sayur Asem [ Kacang tanah, Timun, Oyong & Kangkung ] enak lainnya. Resep Sayur Asem [ Kacang tanah, Timun, Oyong & Kangkung ]. Sayur asem seger dan beda ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜‹.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem [ kacang tanah, timun, oyong & kangkung ], pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sayur asem [ kacang tanah, timun, oyong & kangkung ] enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur asem [ kacang tanah, timun, oyong & kangkung ] yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur Asem [ Kacang tanah, Timun, Oyong & Kangkung ] memakai 13 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sayur Asem [ Kacang tanah, Timun, Oyong & Kangkung ]:
  1. Gunakan 2 Buah timun
  2. Gunakan 2 Buah oyong/emesh
  3. Sediakan 1 Ikat kangkung
  4. Sediakan 1 Genggam kacang tanah
  5. Gunakan 1 Cebe merah besar, potong serong
  6. Gunakan Air
  7. Sediakan Garam + Gula pasir
  8. Siapkan ๐ŸŒถ๐ŸŒถ Bumbu Halus
  9. Sediakan 3 Siung bawang putih
  10. Siapkan 2 Siung bawang merah
  11. Gunakan 5 Cabe rawit merah
  12. Siapkan 1 Bungkus terasi udang ABC
  13. Gunakan Secukupnya asem jawa

Berikut ini resep sayur asem Jakarta yang gurih pedas sekaligus. Sayur asem Betawi di dalam isiannya memakai kacang tanah, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang, jagung, dan asam Jawa. Selain itu, bumbunya ditambah dengan jengkol, dan oncom. Resep sayur asem Betawi juga memiliki kuah yang bening.

Cara menyiapkan Sayur Asem [ Kacang tanah, Timun, Oyong & Kangkung ]:
  1. Potong semua sayuran, cuci bersih.
  2. Didihkan air dalam panci, kemudian masukan kacang tanah terlebih dulu sampai kiraยฒ masak. Lalu masukan timun. Biarkan dulu sebentar.
  3. Masukan kangkung, oyong, cabe merah dan bumbu halus. Bumbui dengan garam + gula pasir. Biarkan sampai masak. Matikan api, angkat.
  4. Sajikan ๐Ÿ˜„๐Ÿ‘Œ.

Bahkan setiap daerah memiliki rasa dan variasi sayur yang berbeda ada yang ditambah dengan ikan maupun daging sebagai bahan utamanya. Sayur asem khas sunda. foto: Instagram/@seto_beri. Jawa Timur identik dengan kangkung dan timun kerai. Rasanya cenderung lebih pedas daripada sayur asem Jawa Tengah. Secara umum, bahan yang digunakan sayur asem Jawa dan Betawi mirip.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sayur Asem [ Kacang tanah, Timun, Oyong & Kangkung ] yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved