Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bolu Kukus Lapis Kopi Susu (Putih telur) Anti Gagal

Philip Hughes   26/11/2020 12:22

Bolu Kukus Lapis Kopi Susu (Putih telur)
Bolu Kukus Lapis Kopi Susu (Putih telur)

Sedang mencari inspirasi resep bolu kukus lapis kopi susu (putih telur) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu kukus lapis kopi susu (putih telur) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Suguhan kue lapis kukus tradisional ini begitu menggugah selera. Tambahkan gula pasir dan ekstrak vanili sedikit demi sedikit ke dalam. Bolu lapis singkong (kukus) enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu kukus lapis kopi susu (putih telur), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan bolu kukus lapis kopi susu (putih telur) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah bolu kukus lapis kopi susu (putih telur) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Bolu Kukus Lapis Kopi Susu (Putih telur) memakai 15 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Bolu Kukus Lapis Kopi Susu (Putih telur):
  1. Siapkan 450 gr putih telur
  2. Sediakan 1 sdm emulsifier
  3. Siapkan 1/4 sdt garam halus
  4. Siapkan 220 gr gula pasir berbutir halus
  5. Gunakan 1/2 sdt ekstrak vanili (aku pakai pasta vanila)
  6. Siapkan 70 gr mentega tawar (aku pakai anchor baker's mix), lelehkan
  7. Gunakan 1 sdt pasta coklat (aku pakai 1 sdt coklat bubuk dilarutkan dengan 1 sdt air panas)
  8. Siapkan 2 tetes pewarna coklat (aku skip)
  9. Siapkan 1 sdt pasta kopi (aku pakai 1 sdt kopi instan dilarukan dengan 1 sdt air panas)
  10. Ambil Ayak bersama
  11. Ambil 225 gr tepung terigu protein sedang (aku pakai protein rendah)
  12. Siapkan 3/4 sdt baking powder
  13. Siapkan Aduk rata
  14. Gunakan 80 ml air hangat
  15. Ambil 30 gr susu bubuk fullcream (aku ganti dengan 110 gr susu cair)

Bolu kukus pelangi menjadi salah satu bolu yang banyak diminati orang, kamu harus buat sendiri nih, gampang benget caranya. Kali ini saya memadukan bolu kukus kopi susu dengan cokelat. Harum kopi dan cokelat semerbak saat bolu di kukus. Bolu kukus yang satu ini memiliki tampilan yang sangat menarik lho!

Langkah-langkah membuat Bolu Kukus Lapis Kopi Susu (Putih telur):
  1. Pertama-tama, siapkan loyang ukuran 20x20x7 cm atau 20x20x8. Kalau mau memakai loyang bulat, bisa memakai loyang bulat diameter 18 cm dengan tinggi 8 cm. Alasi dasar loyang dengan kertas roti. Sisihkan.
  2. Di dalam wadah yang bersih, kocok putih telur bersama emulsifier dan garam hingga berbusa. Tambahkan gula pasir dan ekstrak vanili sedikit demi sedikit ke dalam putih telur.
  3. Kocok sampai adonan putih telur mengkilap, mengental dan mengembang seperti gambar dibawah ini.
  4. Masukkan campuran tepung terigu dan baking powder kadalam adonan putih telur sedikit demi sedikit bergantian dengan susu cair. Aduk balik secara perlahan hingga tercampur rata. Urutannya: tepung-susu cair-tepung-susu cair-tepung.
  5. Terakhir tuangkan mentega leleh sedikit sedikit sambil diaduk balik hingga tercampur rata.
  6. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Campur satu bagian adonan dengan pasta coklat dan pewarna coklat. Aduk rata. Campurkan satu bagian lagi dengan pasta kopi, aduk rata.
  7. Tuang adonan coklat ke loyang. Lalu kukus adonan dalam dandang yang telah dipanaskan sebelumnya dengan api sedang selama 10 menit. Setelah 10 menit dan adonan coklat mengembang, tuangkan adonan kopi keatas adonan coklat. Kukus kembali selama 10 menit. Terakhir tuang adonan putih diatas adonan kopi. Kukus kembali selama 15 menit hingga matang.
  8. Setelah matang, angkat kue dan diamkan kue didalam loyang kurang lebih 5-10 menit. Lalu keluarkan kue dari loyang, lalu dinginkan di cooling rack. Note: harap hati-hati disaat mengeluarkan adonan bolu dari loyang ya sobat. Biar ga seperti gambar dibawah ini hehe. Aku buru-buru mengeluarkannya xD.
  9. Setelah uap panas hilang. Potong-potong dan sajikan. Yuumm!

Yuk simak resep bolu kukus pelangi lembut dan lezat berikut ini. Sebenarnya cara membuat bolu kukus pelangi hampir sama dengan membuat kue bolu kukus pada umumnya, tetapi Anda harus memperhatikan pada bagian. Bolu Kukus Moca Kopi Coklat Lapis Keju Yang Disukai Anak Anak. Brownies Kukus Lapis Cokelat Keju Steamed Brownies. Bolu Zebra Putih Telur Empuk Tanpa Pengembang.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat bolu kukus lapis kopi susu (putih telur) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved