Langkah Mudah untuk Menyiapkan Apem mekar a.k.a kue mangkok yang Bisa Manjain Lidah

Rosalie Reed   21/11/2020 01:47

Apem mekar a.k.a kue mangkok
Apem mekar a.k.a kue mangkok

Sedang mencari ide resep apem mekar a.k.a kue mangkok yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal apem mekar a.k.a kue mangkok yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Dapur Diizah hari ini berbagi resep kue tradisional yaitu kue mangkok. Resep yang kami sajikan ini dijamin anti gagal yang menghasilkan kue mangkok merekah, kue mangkok mekar, kue mangkok mekrok. Kue mangkok, kue mangkuk is an Indonesian kue or traditional snack of steamed cupcake. kue mangkok means "bowl/cup cake".

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari apem mekar a.k.a kue mangkok, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan apem mekar a.k.a kue mangkok enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan apem mekar a.k.a kue mangkok sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Apem mekar a.k.a kue mangkok menggunakan 9 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Apem mekar a.k.a kue mangkok:
  1. Sediakan gula pasir
  2. Ambil air (bisa pakai santan)
  3. Gunakan tape singkong haluskan (saya blender)
  4. Sediakan tepung beras
  5. Gunakan tepung terigu
  6. Gunakan ragi instan
  7. Sediakan baking powder(BPDA)
  8. Sediakan daun pandan
  9. Siapkan Pewarna makanan

Bahkan di beberapa pasar yang dikelola secara modern kadang juga ada. Kue apem kukus juga kadang nongol pada acara. Kue sederhana ✅ namun memiliki rasa yang enak yaitu kue mangkok. Simak ✅ resep cara membuat kue mangkok mekar berikut.

Cara membuat Apem mekar a.k.a kue mangkok:
  1. Masak gula dan air sampai gula larut. Tidak perlu sampai mendidih. Sisihkan biarkan hangat.
  2. Campur dalam baskom terigu,tepung beras dan tape. Tuang sedikit demi sedikit air gula sambil diaduk. Lakukan sampai air habis dan licin /tidak bergerindil.
  3. Tambahkan ragi instan. Aduk rata. Lalu tutup dengan serbet. Diamkan 30 mnt / sampai muncul banyak buih
  4. Siapkan panci kukusan. Taruh daun pandan di-airnya. Panaskan. Kalo sudah mulai beruap taruh cetakan di dalamnya. PENTING Cetakan jangan dioles apa-apa
  5. Tambahkan baking powder kedalam adonan,aduk rata. Bagi kedalam 3 mangkuk. Beri pewarna aduk rata kembali.
  6. Begitu panci sudah mendidih dan beruap banyak Ambil cetakan,isikan adonan sampai penuh langsung taruh kembali kedalam kukusan.kukus 20 mnt api besar.
  7. Bisa juga langsung menuangkan adonan ke cetakan yang ada dikukusan jadi tak perlu diambil. PENTING kukusan harus sudah beruap banyak saat menuang adonan ke cetakan. Gunakan api paling besar.
  8. Tadaaa…. cantik kan….

Kue ini tanpa terpengaruh oleh ragam kreasi baru yang nyatanya terkadang lebih enak dan menarik untuk dicicipi. Mudah dan simpel, tapi hasilnya mekar sempurna. Lengkap juga dengan tips, apabila hasilnya bantet. Siapkan cetakan kue mangkok, lalu oles tipis minyak goreng. Kue apem kukus mekar merupakan kreasi baru dari resep kue apem jawa.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Apem mekar a.k.a kue mangkok yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved