Cara Gampang Menyiapkan Kue Mangkok Mekar yang Bikin Ngiler

Marvin Ellis   27/11/2020 00:10

Kue Mangkok Mekar
Kue Mangkok Mekar

Lagi mencari inspirasi resep kue mangkok mekar yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue mangkok mekar yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Mudah dan simpel, tapi hasilnya mekar sempurna. Angkat dan keluarkan, bisa langsung disajikan! Dapur Diizah hari ini berbagi resep kue tradisional yaitu kue mangkok.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue mangkok mekar, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan kue mangkok mekar enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kue mangkok mekar yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue Mangkok Mekar memakai 8 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Kue Mangkok Mekar:
  1. Ambil gula pasir
  2. Ambil air
  3. Sediakan tape, haluskan
  4. Gunakan tepung beras
  5. Siapkan tepung segitiga
  6. Gunakan ragi instant
  7. Gunakan baking powder (pastikan aktif)
  8. Siapkan Pewarna

Apalagi bagi para pemula yang baru pertama kali mencoba untuk membuat kue ini sendiri di rumah. Resep yang satu ini bisa langsung dicoba untuk membuat kue mangkok yang mekar. Kue mangkok tepung beras adalah kue jajanan tradisional yang bahannya terbuat dari tepung beras, tepung terigu , tape singkong dan gula yang dimasak dengan cara dikukus. Cobain Yuk Kue Mangkok Mekar dan lembut. 🤩 #kuemangkok #kuetradisional Like, Komen, dan Mudah.!!!

Cara membuat Kue Mangkok Mekar:
  1. Rebus gula dengan air aduk rata sampai gula larut. Tidak perlu sampai mendidih. Sisihkan.
  2. Campur tepung beras, tepung terigu, dan tape. Masukkan cairan gula hangat bertahap dan aduk rata sampai tidak bergerindil.
  3. Masukkan ragi instan, aduk rata lalu tutup dengan serbet. Diamkan selama 30 menit sampai adonan berbuih dan mengembang.
  4. Masukkan baking powder, aduk rata lalu sisihkan.
  5. Kukus cup cetakan agar suhu cetakan sama hangatnya dengan suhu adonan. Panaskan kukusan dengan api besar hingga beruap banyak.
  6. Masukkan pewarna pada adonan. Aduk rata. Sebelum kembali berbuih, segera tuang adonan ke dalam cetakan lalu kukus selama 20 menit.
  7. Keluarkan dari kukusan, biarkan agak dingin lalu keluarkan kue dari cetakan.
  8. Catatan : - cetakan jangan dioles apapun -kukusan harus benar2 panas -lapisi tutup kukusan dengan serbet bersih -pastikan ragi masih aktif dan baking powder masih oke -jika adonan masih mengantri jangan tuang adonan ke dalam cetakan -saat akan menuang adonan, aduk rata dan pastikan buih menghilang.

Kue mangkok mekar dinamakan 'mekar' karena bentuknya yang sangat merekah atau mekar, sehingga berbeda dengan kue mangkok biasa yang ujungnya bulat dan tidak mekar seperti bunga. Kue mangkok, kue mangkuk is an Indonesian kue or traditional snack of steamed cupcake. kue mangkok means "bowl/cup cake". It is similar to the snack bolu kukus ("steamed tart/cake"). While both have a similar appearance, Bolu Kukus requires only four ingredients to make. Kue mangkok adalah salah satu jajanan tradisional yang tak lekang oleh waktu.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan kue mangkok mekar yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved