Resep Sayur asam labu dan kangkung, Lezat Sekali

Louise Goodwin   05/11/2020 17:08

Sayur asam labu dan kangkung
Sayur asam labu dan kangkung

Lagi mencari ide resep sayur asam labu dan kangkung yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asam labu dan kangkung yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Masih banyak variasi lokal resep sayur asem yang mudah kita temukan di seluruh daerah di Indonesia. Meskipun demikian ada kesamaan jenis bahan sayuran yang digunakan yaitu kacang tanah, nangka muda, melinjo, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang, dan asam Jawa serta ditambahkan jagung rebus yang semakin menambah rasa segar masakan ini. Sayur asam bumbu uleg sangat segar di makan di siang hari, ternyata kangkung juga bisa di buat sayur asam dan membuat sayur asem terasa semakin segar dan mantap, paling pas dimakan dengan ayam goreng dan sambal terasi #berburucelemekemas #sayurasembumbuuleg Yoleen Wang.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asam labu dan kangkung, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sayur asam labu dan kangkung enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur asam labu dan kangkung yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur asam labu dan kangkung menggunakan 7 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sayur asam labu dan kangkung:
  1. Siapkan 1 ikat kangkung
  2. Ambil 1 buah labu
  3. Siapkan 2 siung bawrah
  4. Sediakan 1 siung bawang putih
  5. Gunakan 2 butir kemiri
  6. Ambil Secukupnya garam
  7. Gunakan 1 buah cabe merah iris

Hampir seluruh daerah Indonesia mengenal sayur asem , namun setiap daerah memiliki bumbu atau variasi yang berbeda, seperti halnya sayur asem kangkung khas Jawa Timur ini. Sayur asem termasuk hidangan yang begitu khas di tanah air dan kerap menjadi menu andalan di meja makan. Kuah segar dengan rasa enak dan nikmat menjadikan sayur asem digemari berbagai kalangan dengan aneka bahan lengkap. Selain itu cara membuat sayur asem yang enak ternyata sangat praktis dibuat.

Cara menyiapkan Sayur asam labu dan kangkung:
  1. Rebus kangkung dan labu
  2. Haluskan bawang putih, bawrah, kemiri dan garam
  3. Masukkan bumbu ke dalam rebusan sayur
  4. Tambahkan irisan cabe merah

Rasa asam ini bisa hadir dari tiga macam sumber asam, yaitu asam jawa, asam muda, dan asam kandis. Bahan-bahan: Sayur asem sendiri dibuat dari campuran sejumlah sayuran segar dan dipadukan dengan buah asem. Rasa asam ini bisa hadir dari tiga macam sumber asam, yaitu asam jawa, asam muda, dan asam kandis. Sedangkan sayuran yang umum dipakai seperti kacang panjang, labu siam, jagung, biji dan daun melinjo, nangka muda, kacang merah dan lainnya. Didihkan air di panci dan masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur asam labu dan kangkung yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved