Resep Kue Mangkok Apem Tapai Nasi Mekar Lembut, Ringan dan Mudah Anti Gagal

Carolyn Rose   06/07/2020 08:01

Kue Mangkok Apem Tapai Nasi Mekar Lembut, Ringan dan Mudah
Kue Mangkok Apem Tapai Nasi Mekar Lembut, Ringan dan Mudah

Lagi mencari inspirasi resep kue mangkok apem tapai nasi mekar lembut, ringan dan mudah yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue mangkok apem tapai nasi mekar lembut, ringan dan mudah yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue mangkok apem tapai nasi mekar lembut, ringan dan mudah, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan kue mangkok apem tapai nasi mekar lembut, ringan dan mudah enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan kue mangkok apem tapai nasi mekar lembut, ringan dan mudah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Mangkok Apem Tapai Nasi Mekar Lembut, Ringan dan Mudah memakai 9 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Kue Mangkok Apem Tapai Nasi Mekar Lembut, Ringan dan Mudah:
  1. Gunakan Bahan Tapai
  2. Sediakan nasi
  3. Siapkan ragi ceper, haluskan (saya biasanya pakai untuk 1 kg)
  4. Siapkan Bahan Apem
  5. Siapkan tepung beras
  6. Siapkan gula pasir
  7. Ambil air
  8. Siapkan Pewarna makanan merah muda
  9. Siapkan peres Eno (pereda masalah pencernaan sejenis Adem Sari)
Cara membuat Kue Mangkok Apem Tapai Nasi Mekar Lembut, Ringan dan Mudah:
  1. Buat tapai, dinginkan nasi, taburkan ragi halus (gunakan saringan untuk memudahkan), diamkan 3 hari (jika lebih 3 hari bisa disimpan dulu di cooler), kali ini saya pakai tape yang sudah 2 minggu😂
  2. Siapkan tapai nasi, tepung beras dan gula pasir, masukkan dalam baskom, tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga air habis. Diamkan 6 jam (fermentasi pertama)
  3. Setelah fermentasi pertama, saring adonan (tekan tekan bagian tape yang masih belum hancur di saringan), tambahkan pewarna, jika ingin warna yang soft cukup 5 tetes saja. Diamkan kembali, saya 12 jam (fermentasi tahap 2)
  4. Setelah fermentasi tahap 2, masukkan Eno, aduk rata dengan balloon whisk
  5. Siapkan kukusan, jika menggunakan dandang, jangan lupa tutupnya dibungkus serbet, panaskan hingga mendidih (berasap)
  6. Siapkan cetakan, olesi minyak (saya menggunakan cetakan alumunium, 2 kali pakai cetakan plastik tidak mekar). Tuang adonan hingga sepenuh cetakan.
  7. Kukus sekitar 20 menit, jangan dibuka sebelum waktunya.
  8. Jangan lupa jika layer bawah kukusan nya pendek, isi air sebelum memasukkan adonan berikutnya.
  9. Seperti ini Eno yang saya gunakan, saya pakai yang regular

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan kue mangkok apem tapai nasi mekar lembut, ringan dan mudah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved