Langkah Mudah untuk Membuat Balado Paru Sapi yang Bisa Manjain Lidah

Katherine Stokes   07/07/2020 10:50

Balado Paru Sapi
Balado Paru Sapi

Sedang mencari ide resep balado paru sapi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal balado paru sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Alhamdulillah, cuaca di Bogor bagian pinggiran lumayan dingin pagi ini. Godaan banget buat mager di kasur. Lihat juga resep Gongso Babat Paru Sapi enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari balado paru sapi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan balado paru sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah balado paru sapi yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Balado Paru Sapi menggunakan 11 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Balado Paru Sapi:
  1. Ambil 500 gram paru sapi
  2. Sediakan 3 lembar daun Salam
  3. Sediakan 6 siung bawang putih
  4. Sediakan 1 sdm ketumbar bubuk
  5. Gunakan 1 ruas kunyit
  6. Sediakan 1 sdt lada bubuk
  7. Sediakan Secukupnya garam, gula, kaldu bubuk
  8. Ambil Bahan sambal
  9. Gunakan 30 cabe kriting (100 gram)
  10. Ambil 13 siung bawang merah (80 gram)
  11. Sediakan 2 potong jeruk nipis

Mengolah paru sapi tidak sesulit yang Anda pikirkan. Anda bisa membuat paru goreng yang enak dan empuk. Paru dengan bumbu balado yang gurih dan pedas serta aroma pete yang khas membuat. Dendeng balado merupakan sajian khas Padang berupa irisan tipis daging sapi digoreng garing Baca juga: Resep Rendang Paru Sapi, Sajikan buat Pencinta Jeroan.

Langkah-langkah membuat Balado Paru Sapi:
  1. Rebus paru yang sudah dicuci bersih dengan daun salam hingga matang. Potong tipis2. Haluskan bawang putih, kunyit, ketumbar. Campurkan dengan paru yang sudah diiris tipis. Tambahkan air, garam dan kaldu bubuk. Masak hingga airnya habis sambil dibolak balik agar bumbunya meresap rata. Tiriskan. Goreng paru hingga kering.
  2. Rebus cabe kriting dan bawang merah hingga matang. Uleg kasar. Tumis bumbu, tambahkan gula, garam dan kaldu bubuk (jangan terlalu banyak ya karena parunya sudah asin, tipis2 aja rasanya). Tambahkan air jeruk nipis. Tumis hingga tanak. Masukkan paru yang sudah digoreng. Ratakan kemudian matikan api.
  3. Paru balado siap disajikan.

Hasil akhirnya, daging sapi. paru balado. Cara membuat : Rebus paru dan bumbu halus sampai mendidih. Cara memasak dendeng paru balado kering renyah khas padang : Rebus paru-paru sapi dan bumbu halus sampai mendidih. Karena orang Indonesia sulit menolak menu sajian pedas gurih, jadi bagaimana kalau Moms coba olahan Paru Balado. Cari produk Daging Sapi lainnya di Tokopedia.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat balado paru sapi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved