Resep Sayur Asem Kangkung (Bumbu Iris) yang Bikin Ngiler

Matilda Hodges   11/09/2020 01:07

Sayur Asem Kangkung (Bumbu Iris)
Sayur Asem Kangkung (Bumbu Iris)

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem kangkung (bumbu iris) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem kangkung (bumbu iris) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Sayur Asem Bumbu Iris enak lainnya. Sayur Asem Kangkung Kacang Bumbu Iris. kacang panjang, kangkung, bawang merah, bawang putih yang besar, lengkuas, garam, gula, Asam jawa ambil sekelereng aja Sofya Dewi Mardiani. Sayur asem kangkung wortel sangat mudah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem kangkung (bumbu iris), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sayur asem kangkung (bumbu iris) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur asem kangkung (bumbu iris) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur Asem Kangkung (Bumbu Iris) memakai 17 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sayur Asem Kangkung (Bumbu Iris):
  1. Sediakan Bahan :
  2. Sediakan 1/2 ikat kangkung (daun saja)
  3. Sediakan 1 buah wortel (iris)
  4. Siapkan 1/2 buah jagung (iris)
  5. Ambil 1 buah tomat (iris)
  6. Gunakan Bumbu :
  7. Sediakan 3 siung bawang merah (iris)
  8. Gunakan 2 siung bawang putih (iris)
  9. Gunakan 1 cabe besar buang biji (iris)
  10. Ambil 2 helai daun salam kering
  11. Ambil 1 ruas lengkuas (sebesar jempol)
  12. Siapkan 1/2 bks asam jawa (di cairkan)
  13. Gunakan Bahan lain:
  14. Gunakan 1 sdt gula pasir (sesuai selera)
  15. Sediakan 1 sdt garam (sesuai selera)
  16. Gunakan 1 sdt kaldu bubuk (sesuai selera)
  17. Gunakan 1000 ml air (sesuai selera)

Sayur asem kangkung khas Jawa Timur ini memiliki rasa yang segar nan enak serta sedikit masam, dimana rasa asam tersebut berasal dari asam khas yang digunakan. Sayur asem bumbu kuning. foto: Instagram/@teflonpecah. Kapanlagi Plus - Sayur asem termasuk hidangan yang begitu khas di tanah air dan kerap menjadi menu andalan di meja makan. Kuah segar dengan rasa enak dan nikmat menjadikan sayur asem digemari berbagai kalangan dengan aneka bahan lengkap.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Asem Kangkung (Bumbu Iris):
  1. Siangi sayuran (wortel, jagung dan kangkung). Cuci bersih kemudian sisihkan. Iris bawang merah, bawang putih dan cabe besar. Geprek lengkuas. Sisihkan.
  2. Panakan air sampai mendidih. Masukkan bawang merah, bawang putih, daun salam dan laos yang sudah di geprek. Beri air asam jawa Tunggu sampai wangi. Masukkan jagung kemudian disusul wortel. Beri air asam jawa. Tunggu sampai empuk. Beri gula pasir dan kaldu bubuk. Jika sudah empuk masukkan daun kangkung. Aduk sebentar beri garam. Tunggu sampai mendidih. Koreksi rasa.
  3. Jika rasa sudah pas. Sebelum matikan kompor masukkan irisan cabe besar dan tomat. Aduk aduk. Matikan kompor. Angkat. Sajikan dengan lauk pauk keluarga mom semua… 😍

Selain itu cara membuat sayur asem yang enak ternyata sangat praktis dibuat di rumah dengan aroma bumbu yang begitu menggugah selera. Fimela.com, Jakarta Jika bicara tentang menu sayur asem, ada banyak sekali resep yang bisa kamu coba karena ternyata setiap daerah memiliki menu resep sayur asem berbeda-beda. Misalnya saja menu sayur asem jawa timur. Cara membuat resep sayur asem: Cuci bersih seluruh bahan, kemudian potong-potong sesuai selera. Haluskan bumbu yang tediri dari: cabai, bawang putih, garam, gula, terasi, dan asem.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sayur Asem Kangkung (Bumbu Iris) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved