Cara Gampang Membuat Sayur asem kangkung, Sempurna

Addie Gilbert   02/10/2020 23:38

Sayur asem kangkung
Sayur asem kangkung

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur asem kangkung yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem kangkung yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Kangkung mudah ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia dan menjadi salah satu sayuran favorit karena mudah diolah dengan berbagai resep dan bumbu. Selain enak disantap, ternyata kangkung memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Resep sayur asem - Sayur asem banyak dipilih oleh sebagian menu andalan untuk dikonsumsi.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem kangkung, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sayur asem kangkung enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur asem kangkung yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur asem kangkung menggunakan 11 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sayur asem kangkung:
  1. Gunakan 1 unting kangkung
  2. Siapkan 3 bawang putih
  3. Siapkan 4 bawang merah
  4. Gunakan Cabe
  5. Ambil Kacang panjang (opsional)
  6. Sediakan Garam
  7. Ambil Gula
  8. Gunakan Lengkuas
  9. Sediakan Penyedap rasa
  10. Sediakan Asam jawa
  11. Sediakan Air

Anda bisa memotong kangkung, kacang panjang dan tomat, setelah itu kemudian cuci dan tiriskan. Sayur asem kangkung khas Jawa Timur pada dasarnya memang sudah cukup terkenal, bukan hanya di daerahnya saja melainkan di luar daerah pun banyak yang meminati sayur yang satu ini. Sayur asem kangkung khas Jawa Timur ini memiliki rasa yang segar nan enak serta sedikit masam, dimana rasa asam tersebut berasal dari asam khas yang digunakan. Jika sayur asem yang Anda masak biasanya tidak pakai kangkung, kali ini Anda patut mencobanya.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur asem kangkung:
  1. Cuci kangkung dan kacang panjang sampai bersih
  2. Potong bawang putih, bawang merah, cabe
  3. Rebus air dalam panci, kemudian masukkan bawang putih, bawang merah, cabe, gula, garam, lengkuas
  4. Tunggu sampai air mendidih, kemudian masukkan kangkung dan kacang panjang, tambahkan penyedap rasa
  5. Setelah sayuran matang, masukkan asam jawa selagi masih panas
  6. Siap disajikan

Kangkung bukan hanya bisa dimasak tumis atau dibuat cah, tetapi juga dapat menjadi bahan utama dalam sayur asem. Kangkung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya menjaga kesehatan mata hingga mencegah dehidrasi. Bahan-bahan: Fimela.com, Jakarta Jika bicara tentang menu sayur asem, ada banyak sekali resep yang bisa kamu coba karena ternyata setiap daerah memiliki menu resep sayur asem berbeda-beda. Misalnya saja menu sayur asem jawa timur.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur asem kangkung yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved