Resep Gurame goreng Sambal kemangi yang Sempurna

Brian Lyons   21/11/2020 14:38

Gurame goreng Sambal kemangi
Gurame goreng Sambal kemangi

Sedang mencari inspirasi resep gurame goreng sambal kemangi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gurame goreng sambal kemangi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Ikan Gurame Goreng Plus Sambal Kecap enak lainnya. Ayam goreng memang cocok banget disantap bersama jenis sambal apapun, termasuk sambal kemangi. Pedas dari cabai rawit, aroma kemangi yang khas, dan gurih renyahnya ayam goreng terasa "kawin" banget!

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gurame goreng sambal kemangi, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan gurame goreng sambal kemangi yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan gurame goreng sambal kemangi sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Gurame goreng Sambal kemangi menggunakan 15 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Gurame goreng Sambal kemangi:
  1. Gunakan 1 ekor ikan gurame sedang
  2. Siapkan 1 ruas jahe
  3. Sediakan 1 ruas kunyit
  4. Siapkan 2 siung bawang putih
  5. Gunakan 1 buah tomat merah besar
  6. Sediakan 3 buah cabai rawit merah besar
  7. Ambil 1 genggam kemangi
  8. Ambil 2 buah jeruk limau
  9. Siapkan 5 siung bawang merah
  10. Gunakan 1 ruas kencur
  11. Sediakan 1 buah terasi matang
  12. Gunakan secukupnya garam
  13. Ambil secukupnya gula merah
  14. Sediakan secukupnya penyedap rasa
  15. Siapkan secukupnya minyak

Karena sambal bisa ditambahkan terasi, air Di sana ada banyak sekali olahan ayam geprek dengan sambal yang menggugah selera seperti ayam geprek sambal korek, ayam geprek Sambal. Paduan ikan gurame sambal dabu-dabu sungguh menggoda dan bisa kamu masak di rumah. Yuk, ikuti cara memasaknya berikut ini! Ikan gurame yang digoreng selalu jadi favorit semua orang saat bertandang ke restoran Sunda.

Langkah-langkah membuat Gurame goreng Sambal kemangi:
  1. Bersihkan ikan gurame, lumuri dengan jeruk nipis, bilas. kemudian lumuri dengan garam sambil di remas remas lalu cuci bersih kembali agar tidak bau amis
  2. Ulek bawang putih, sedikit jahe, dan sedikit kunyit, tambahkan garam dan penyedap rasa tambahkan sedikit air, sisihkan
  3. Panaskan minyak di wajan, biarkan sampai benar benar panas, baru masukkan ikan guramenya.
  4. Biarkan agak ikan agak kering, baru dibalik, jika dirasa sudah mau mendekati matang, siram dengan bumbu ulek teruskan menggoreng sampai air bumbunya habis, tandanya saat penggorengan sudah tidak berisik, bolak balik ikan agar bumbu merata, setelah matang kemudian angkat.
  5. Untuk sambelnya, iris iris bawang merah, tomat, cabai rawit, sedikit jahe, sedikit kencur masukkan ke dalam cobek.
  6. Ulek kasar bahan yang sudah diiris sisakan setengah bawang merahnya, tambahkan garam, gula, penyedap rasa, sedikit jahe, sedikit kencur, sedikit terasi
  7. Goreng sebagian bawang merah yg sudah diiris tadi, siramkan bawang goreng dan minyaknya ke dalam sambal ulek tadi, test rasa. kemudian tambahkan jeruk limau dan kemangi.
  8. Masukkan goreng ikan gurame ke dalam sambal kemudian penyet penyet dengan ulekan agar sambal meresap lalu sajikan dengan nasi hangat.
  9. Selamat mencoba

Bagaimana ceritanya ketika sambal biasanya digantikan dengan. Makanan ikan gurame paling umum adalah dengan cara dibakar dengan sajian beberapa macam sambal, seperti sambal terasi, sambal tomat Ikan gurame goreng asam manis atau asam pedas juga sangat populer. Ikan gurame goreng saus nanas, saus padang, saus mangga atau saus cabe. Sambil menunggu ayam, mulai buat sambal kemanginya. Masukkan cabai merah, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, potongan tomat, beri air secukupnya, dan blender kasar.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan gurame goreng sambal kemangi yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved