Resep Soto banjar yang Bisa Manjain Lidah

Wesley Abbott   12/09/2020 01:03

Soto banjar
Soto banjar

Sedang mencari ide resep soto banjar yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto banjar yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto banjar, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan soto banjar yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Adakalanya pembuatan kuah soto banjar dapat dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya. Selain Soto Banjar, Depot Soto Banjar "Selera Kita" juga menyajikan bergam masakan khas Banjar yang menggugah selear.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah soto banjar yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Soto banjar memakai 20 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Soto banjar:
  1. Siapkan 500 gr ayam kampung
  2. Siapkan 4 btr cengkeh
  3. Siapkan 2 butir kapulaga
  4. Sediakan 3 cm kayu manis
  5. Gunakan 1 sdt kaldu ayam bubuk
  6. Sediakan 1/4 sdt merica bubuk
  7. Gunakan secukupnya gula, garam
  8. Gunakan Bumbu halus::
  9. Siapkan 7 siung bawang merah
  10. Siapkan 4 siung bawang putih
  11. Ambil 2 cm jahe
  12. Ambil 1 sdt jinten
  13. Ambil Bahan Pelengkap::
  14. Ambil 1 bks soun (rendam air panas smpe empuk, tiriska)
  15. Gunakan perkedel kentang (resep uda sy share)
  16. Gunakan 1 tangkai daun seledri, iria halus
  17. Sediakan 1 buah jeruk nipis
  18. Siapkan keripik kentang (caranya iris tipis kentang, goreng smpe kering)
  19. Siapkan secukupnya bawang goreng, kecap
  20. Gunakan secukupnya sambal (rebus rawit dan bawang putih,uleg)

Soto Banjar biasanya disajikan bersama dengan ketupat, perkedel ubi kayu, irisan wortel, serta telur bebek. Bisa dibilang juga bahkan hidangan ini adalah salah satu masakan terpopuler dari Kalimantan. Soto Banjar merupakan soto khas yang istimewa dari suku Banjar, Kalimantan Selatan yang mana Selain daging ayam, soto Banjar juga dilengkapi dengan perkedel kentang atau kentang rebus, telur. Seperti resep soto- soto pada umumnya Resep Soto Banjar ini menggunakan bumbu bawang merah dan bawang putih serta merica dan di Soto Banjar bumbunya tidak menggunakan kunyit.

Cara membuat Soto banjar:
  1. Rebus ayam dengan secukupnya air. Masukkan kayu manis,cengkeh, - biarkan sampe mengeluarkan kaldu
  2. Tumis bumbu halus bersama kapulaga Sampe bener2 matang. - Masukkan bumbu matang ke rebusan kaldu tadi.
  3. Masukkan gula,garam,kaldu bubuk,merica bubuk. Tes rasa
  4. Sajikan dengan soun,ayam suwir,telur rebus, perasan jeruk nipis, kecap dan bahan pelengkap yg lain.

Ada yang pernah mencoba Soto Banjar? Sesuai dengan namanya, soto ini adalah masakan tradisional dari daerah Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kuliner ini cukup terkenal di Indonesia. Membuat Soto Banjar yang komplit memang butuh waktu dan kesabaran tetapi hasilnya sangat Catatan: Bumbu rempah Soto Banjar umumnya dibungkus dengan kain tipis atau kasa dan direbus. Resep Soto Banjar Sederhana Spesial Asli Enak.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Soto banjar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved