Resep Cilok dan Saus kacang yang Menggugah Selera

Clarence Payne   09/09/2020 15:03

Cilok dan Saus kacang
Cilok dan Saus kacang

Lagi mencari ide resep cilok dan saus kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cilok dan saus kacang yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cilok dan saus kacang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan cilok dan saus kacang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Cilok merupakan salah satu kuliner favorit rakyat Indonesia. Bunda, pelajari cara membuat cilok hanya di sini. Rasanya gurih, dan bisa dimodifikasi dengan bahan-bahan lezat lainnya seperti keju, daging sapi, rendang, saus barbecue dan lain-lain! - Masak cilok sampai matang, tanda matang cilok, ketika semuanya mengapung.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan cilok dan saus kacang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Cilok dan Saus kacang menggunakan 15 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Cilok dan Saus kacang:
  1. Gunakan tepung terigu
  2. Siapkan tepung kanji (sekalisnya)
  3. Gunakan bawang putih (haluskan)
  4. Siapkan garam
  5. Sediakan penyedap rasa/royco
  6. Sediakan gula dan lada (secukupnya)
  7. Sediakan air panas
  8. Gunakan Bahan sambal Kacang :
  9. Siapkan kacang goreng
  10. Siapkan bawang putih
  11. Siapkan cabai merah (sesuai selera)
  12. Siapkan gula jawa
  13. Gunakan air matang
  14. Sediakan garam
  15. Siapkan kecap manis

Kalau capek menghadap laptop, Anda bisa sedikit berkreasi di Penasaran seperti apa resepnya? Berikut IDN Times kasih rekomendasi resep cilok saus kacang bikinan rumah yang tentunya enak dan praktis lagi. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cilok dan saus kacang. Dan rasanyapun agak berbeda, utama pada saus kacangnya, anda bisa mencobanya saat berkunjung ke beberapa daerah untuk mencoba berbagai rasa dari cilok ini.

Cara membuat Cilok dan Saus kacang:
  1. Campur tepung terigu, bawang putih, penyedap rasa, garam gula dan lada kedalam baskom
  2. Masukkan air panas kedalam adonan, sedikit demi sedikit jangan sampai keenceran, aduk aduk hingga tercampur rata
  3. Masukkan tepung tapioka kedalam adonan, lalu uleni sampai kalis
  4. Setelah adonan cilok kalis, buat bulatan bulatan, agar bulatannya bisa sama ukur dengan sendok ukur. Saya menggunakan sendok ukuran 1 sdt.
  5. Nyalakan kompor dan panas kan panci yang berisi air dan beri sedikit minyak (agar tidak lengket), tunggu hingga mendidih
  6. Setelah semua adonan selesai dibentuk. Masukkan kedalam air panci yang telah mendidih. Tunggu hingga cilok matang (mengapung)
  7. Cara membuat saus kacang Blender kacang goreng, garam, bawang putih, gula dan cabai dengan ditambah sedikit air hingga halus.
  8. Hidangkan cilok dengan saus kacang, tambahkan kecap agar semakin nikmat

Penasaran, berikut cara membuat cilok yang kenyal dan gurih dan bumbu kacang yang nikmat. Cilok bumbu kacang rupanya bukan hanya milik orang Bandung. Inilah sedikit dari jajanan masa kecil yang hingga kini masih jadi street food terfavorit Tekstur kenyalnya tepung tapioka dan gurihnya bumbu cilok yang simpel dipadukan dengan gurih dan legitnya bumbu kacang adalah kombinasi. Resep Dan Cara Membuat Cilok Mantap. Menyantap cilok adalah hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat Sunda (Jawa Barat).

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Cilok dan Saus kacang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved