Cara Gampang Membuat Sate Jamur Sambal Kacang yang Bisa Manjain Lidah

Betty Hicks   06/07/2020 14:30

Sate Jamur Sambal Kacang
Sate Jamur Sambal Kacang

Anda sedang mencari ide resep sate jamur sambal kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sate jamur sambal kacang yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sate jamur sambal kacang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sate jamur sambal kacang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Meskipun sama-sama sambal kacang, namun sambal kacang untuk siomay sedikit berbeda dengan yang digunakan pada pecel karena harus dimasak dulu. Tuangkan adonan kacang ke dalam wajan atau panci kecil, masak di atas api kecil. Tambahkan air sembari terus diaduk agar semua bahan larut.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sate jamur sambal kacang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sate Jamur Sambal Kacang menggunakan 22 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sate Jamur Sambal Kacang:
  1. Gunakan jamur tiram, suwir besar2, cuci, peras dan buang airnya
  2. Gunakan Tusukan sate
  3. Ambil saus tiram
  4. Ambil kecap manis
  5. Gunakan Bumbu oles :
  6. Sediakan margarin dicairkan
  7. Siapkan kecap manis
  8. Siapkan Bumbu halus :
  9. Gunakan bawang merah
  10. Siapkan bawang putih
  11. Gunakan ketumbar bubuk
  12. Gunakan kemiri
  13. Ambil Minyak untuk menumis
  14. Siapkan Sambel kacang :
  15. Siapkan kacang tanah goreng, haluskan
  16. Ambil bawang putih
  17. Gunakan cabai rawit
  18. Ambil gula jawa (besarnya 2x sdm gitu kira2nya)
  19. Ambil gula pasir
  20. Ambil garam
  21. Gunakan air putih
  22. Sediakan daun jeruk

Tak perlu beli, kamu bisa membuatnya sendiri. Cara Membuat Sate Jamur Tiram Pedas Bumbu Kacang: Peras jamur tiram yang sudah direbus sampai airnya kering, kemudian sisihkan sebentar. Bakar sate jamur tiram di atasnya sambil sesekali diolesi sisa bumbu olesan. Sajikan sate ayam dengan siraman bumbu kacang, sambal, kecap, dan irisan bawang.

Cara membuat Sate Jamur Sambal Kacang:
  1. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan jamur, tambahkan kecap manis dan saus tiram aduk2 masak sebentar saja jangan sampai layu, pindahkan ke wadah/mangkok lalu sisihkan, dan diamkan sekitar 10-15 menit lalu setelah itu ditusuk2 dengan tusuk sate.
  2. Sambil nunggu jamurnya meresap bumbunya, kita buat sambal kacangnya, caranya, goreng bawang putih dan cabai lalu haluskan, panas kan air dengan panci sampai mendidih lalu masukkan bawang putih, cabai, kacang, gula merah, garam, gula pasir, daun jeruk. Aduk rata dan masak sampai harum aromanya dan tidak terlalu encer, kentalnya sesuai selera sambil tes rasa ya, kalo saya lebih suka terasa manisnya. Oiya kalo suka pedes bisa ditambahin cabe rawitnya ya, saya ga suka pedes soalnya.
  3. Siapkan teflon panas kan, kemudian bakar satenya, bolak balik sambil diberikan bumbu oles, kematangannya sesuai selera ya, kalo saya ampe keliatan ada gosong2an hehe
  4. Kemudian setelah satenya matang, sambalnya juga, siap disajikan.

Ternyata gampang banget, kan bikin sate ayam bumbu kacang? Campur jamur dengan bumbu halus, diamkan kurang lebih satu jam. Olesi dengan bumbu kacang hingga rata, lalu bakar hingga matang bisa bakar pake alat pembakar sate, baik pakai arang tradisional, pake gas, bahkan listrik atau teflon untuk resep sate jamur tiram teflon agar tidak gosong bakarnya sebaiknya pakai teflon, sambil di. Lumuri sate ayam dengan bumbu kacang dan sedikit kecap manis. - Bakar sate hingga matang sambil dibolak-balik. - Panggang hingga matang. Angkat dan sajikan dengan siraman saos kacang dan sambal kecap, perasan jeruk limo dan taburan bawang goreng.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sate Jamur Sambal Kacang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved