Resep Sate Jamur Saus Kacang Anti Gagal

Patrick Robbins   15/10/2020 23:01

Sate Jamur Saus Kacang
Sate Jamur Saus Kacang

Sedang mencari ide resep sate jamur saus kacang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sate jamur saus kacang yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sate jamur saus kacang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sate jamur saus kacang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sate jamur saus kacang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sate Jamur Saus Kacang memakai 22 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sate Jamur Saus Kacang:
  1. Siapkan jamur tiram
  2. Gunakan minyak untuk menumis
  3. Siapkan air
  4. Gunakan Bumbu halus :
  5. Sediakan bawang putih
  6. Gunakan bawang merah
  7. Gunakan kemiri
  8. Gunakan ketumbar
  9. Gunakan garam
  10. Sediakan Bumbu rendam :
  11. Sediakan Bumbu halus yang sudah ditumis
  12. Sediakan saus sambal
  13. Gunakan saus tiram
  14. Ambil kecap manis
  15. Sediakan Bumbu halus saus kacang :
  16. Sediakan kacang tanah, goreng
  17. Siapkan bawang putih, goreng
  18. Siapkan cabai rawit merah (sesuai selera), goreng
  19. Sediakan gula merah
  20. Ambil kemiri, sangrai
  21. Sediakan garam
  22. Gunakan air
Cara membuat Sate Jamur Saus Kacang:
  1. Langkah pertama buat saus kacang : haluskan kacang tanah, bawang putih, cabai, kemiri, gula merah dan garam, ulek hingga halus/blender, kemudian tambahkan air secukupnya, aduk rata, koreksi rasa. Lalu panaskan minyak secukupnya, masukan saus kacang, masak hingga air menyusut dan saos kacang mengeluarkan minyak, angkat, sisihkan.
  2. Bersihkan jamur tiram, kemudian cuci bersih, tiriskan. Lalu didihkan air secukupnya, rebus jamur tiram hingga layu, angkat dan tiriskan, biarkan dingin, kemudian peras menggunakan kain bersih, lalu suwir-suwir dan tusuk-tusuk jamur tiram menggunakan tusuk sate.
  3. Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar dan garam hingga halus, lalu panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang, angkat dan taruh dalam wadah, kemudian tambahkan saus sambal, saus tiram, kecap manis, aduk rata, lalu lumuri sate jamur hingga rata, masukan ke dalam kulkas, biarkan selama 15 menit agar bumbu meresap.
  4. Siapkan pemanggang sate/teflon, olesi dengan mentega, panggang sate jamur tiram hingga berwarna kecoklatan, angkat dan sajikan dengan saus kacang.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sate jamur saus kacang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved